Advertisement

Kunjungan Wisata Sleman Tunjukkan Tren Positif, Ini Datanya

David Kurniawan
Kamis, 17 Oktober 2024 - 12:17 WIB
Sunartono
Kunjungan Wisata Sleman Tunjukkan Tren Positif, Ini Datanya Jip wisata di Lereng Merapi, Sleman. - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kunjungan wisata di Kabupaten Sleman terus menggeliat dan menunjukan tren pertumbuhan yang positif. Hal ini memberikan keyakinan bahwa target kunjungan sebanyak 7,5 juta orang di 2024 bisa terlampaui.

Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Ishadi Zayid mengatakan, hingga akhir September kunjungan wisata di Bumi Sembada sudah menembus 5,95 juta pengunjung. Hasil dari kajian yang dilakukan, rata-rata kunjungan wisata ada 661.000 per bulannya.

Advertisement

“Dengan tren kunjugan rata-rata per bulan seperti ini, maka kami yakin target 7,5 juta pengunjung di 2024 bisa terlampaui,” katanya, Rabu (16/10/2024).

BACA JUGA : Dispar Sleman Optimistis Target Kunjungan 7,5 Juta Wisatawan Terlampaui hingga Akhir Tahun

Meski demikian, Ishadi mengakui, dilihat dari realisasi pengunjung, data kunjungan lebih fluktuatif. Maret menjadi bulan yang paling sepi pengunjung karena tercatat kunjungan masuk hanya 295.000 jiwa.

“Maret memang jadi bula tersepi untuk kunjungan karena bertepatan dengan pelaksanaan puasa,” kata Ishadi, Rabu (16/10/2024).

Adapun Juni dan Juli menjadi bulan dengan tingkat kunjungan terbanyak. Hal ini dikarenakan kunjungan yang tercatat mencapai 1,37 juta per bulannya.

“Kunjungan melonjak signifikan karena bertepatan dengan liburan sekolah,” ungkapnya.

Ishadi menambahkan, keyakinan target kunjungan bisa terlampaui juga tidak lepas adanya event nasional maupun internasional yang akan berlangsung di Sleman. Ia mencontohkan, sampai dengan akhir 2024 terdapat event seperti AUO Run, Pink Ribbon Run, Jogja International Heritage Walk dan beberapa pentas musik dan budaya di Candi Prambanan dan Ratu Boko.

“Kegiatan wisuda di beberapa kampus juga bisa mendongkrak kunjungan hingga akhir tahun nanti. Kami juga terus melakukan promosi agar pengunjung yang datang bisa terus ditingkatkan,” katanya.

BACA JUGA : Stasiun Klaten Direvitalisasi, Bisa Jadi Objek Wisata

Kepala Bidang Pemasaran, Dinas Pariwisata Sleman, Kus Endarto mengatakan, hingga akhir September 2024, jumlah kunjungan wisata mencapai 5,95 juta jiwa. Jumlah ini masih didominasi oleh wisatawan dalam negeri sebanyak 97% yang berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jakarta.

Dia menjelaskan, untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata hingga akhir September sudah terkumpul Rp283,6 miliar. Jumlah ini terdiri dari Pajak sebesar Rp278,81 miliar. Pemasukan pajak terdiri dari Pajak Hotel sebesar Rp125,23 miliar; Pajak Restoran sebesar Rp137,5 miliar dan Pajak Hiburan senilai Rp16,09 miliar.

Adapun PAD yang bersumber dari retribusi tercatat sebesar Rp3,96 miliar. “Untuk pedapatan lain-lain mencapai Rp761 juta sehingga PAD yang diperoleh selama akhir September mencapai Rp283,53 miliar,” katanya.

Kus Endarto mengklaim dengan jumlah pemasukan ini, maka pendapatan dari sektor kepariwisataan mampu menyumbang sebesar 34,74% dari total PAD yang telah diterima pemkab hingga akhir September. “Jumlahnya masib bisa bertambah karena masih ada waktu sekitar tiga bulan hingga 2024 berakhir,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mentan Amran Copot 3 Pegawai Kementan yang Kedapatan Main Proyek

News
| Kamis, 17 Oktober 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement