Advertisement

Kunjungan Wisata Kota Jogja Mencapai Lima Juta Orang, Event Pariwisata Jadi Pendorong

Alfi Annisa Karin
Jum'at, 26 Juli 2024 - 22:57 WIB
Maya Herawati
Kunjungan Wisata Kota Jogja Mencapai Lima Juta Orang, Event Pariwisata Jadi Pendorong Tugu Pal Putih atau Tugu Jogja - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Jogja mencatat jumlah kunjungan wisatawan di Kota Jogja sudah mencapai lima juta orang pada periode Januari-Juni 2024. Gelaran even turut menjadi penyumbang angka kunjungan wisatawan itu.

Kabid Industri Pariwisata Dispar Kota Jogja Caesaria Eka Yulianti menjelaskan berbagai even kerap digelar di Kota Jogja. Tak hanya kegiatan yang diinisiasi oleh Dispar Kota Jogja, tak jarang juga pihak swasta maupun Kemenparekraf turut menyelenggarakan event di Kota Jogja.

Advertisement

"Ini upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan," kata Caesaria ditemui di Balai Kota Jogja, Jumat (26/7/2024).

Terdekat, Dispar Kota Jogja akan menggelar even Kotabaru Ceria. Ini menjadi upaya mendongkrak kunjungan wisatawan di kawasan Kotabaru.

Ada berbagai pertunjukan dan produk UMKM yang ditampilkan pada event Kotabaru Ceria yang akan dilaksanakan pada 27 Juli 2024.

"Ini branding Kotabaru sebagai kawasan cagar budaya dengan nuansa indische, berbeda dengan 4 cagar budaya lainnya di Kota Jogja yang bernuansa tradisional. Alhamdulillah, setelah penyelenggaraan ketiga kemarin animo masyarakat luar biasa," katanya.

Caesaria mengatakan sejauh ini kunjungan wisatawan di Kota Jogja sudah hampir mencapai target. Baik dari sisi jumlah kunjungan, lama tinggal wisatawan, hingga jumlah belanja wisatawan.

BACA JUGA: Bediding Disebut Berkaitan dengan Fenomena Aphelion

Dia optimistis target wisatawan di Kota Jogja bisa tercapai hingga akhir tahun ini. Sebab, dia menilai Kota Jogja masih menjadi destinasi unggulan bagi wisatawan dari berbagai daerah.

"Kota Jogja juga masih menjadi destinasi favorit penyelenggaraan even dan MICE (Meetings, Incentives, Conferences, dan Exhibitions). Ini masih menjadi optimis di kami terkait kunjungan wisatawan di Kota Jogja," tuturnya.

Optimisme Dispar Kota Jogja semakin kuat lantaran adanya perbaikan dari beberapa destinasi wisata, seperti Benteng Vredeburg, Kraton Ngayogyakarta, hingga Museum Sonobudoyo.

Di sisi lain, beberapa event besar turut digelar di kabupaten tetangga. Secara tidak langsung, Kota Jogja akan turut kena imbas positif dari gelaran event itu.

"Ada Prambanan Jazz. Lalu Artjog juga dilaksanakan selama 3 bulan, ada juga Pasar Kangen. Momen liburan kemarin banyak even besar, wisatawan berbondong-bondong ke Kota Jogja," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement