Advertisement

KELANGKAAN GAS ELPIJI : Gas Elpiji 3 Kg Mulai Langka di Kulonprogo

Selasa, 06 Januari 2015 - 09:20 WIB
Nina Atmasari
KELANGKAAN GAS ELPIJI : Gas Elpiji 3 Kg Mulai Langka di Kulonprogo Bisnis/RachmanPERKETAT PENYALURANPekerja menata tabung gas elpiji 3 kg di pangkalan elpiji Jalan Ahmad Yani Bandung, Jawa Barat, Jumat (3 - 1). Khawatir terjadi peralihan konsumen elpiji 12 kg ke elpiji 3 kg akibat kenaikan elpiji 12 kg, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memperketat pengawasan perdagangan dan penyaluran elpiji 3 kg.

Advertisement

Kelangkaan gas elpiji terjadi di Kulonprogo.

Harianjogja.com, KULONPROGO-Tabung gas elpiji tiga kilogram menghilang dari peredaran di Kota Wates. Kenaikan harga tabung gas elpiji 12 kilogram disinyalir menjadi penyebabnya.

Advertisement

Dari pantauan di salah satu pangkalan gas di Wates, beberapa warga terpaksa pulang dengan tangan hampa karena persediaan tabung gas elpiji tiga kilogram habis.

Tugiyo, warga Wates, mengaku tidak mendapatkan tabung gas elpiji tiga kilogram dari pangkalan karena persediaan habis. "Saya sudah cari di seluruh Wates tetapi tidak dapat," ujarnya, Senin (5/1/2015).

Menurutnya, tabung gas elpiji tiga kilogram di tingkat pengecer sudah habis dan pangkalan gas tidak melayani pembelian bagi warga yang tidak berlangganan.

Tugiyo menilai kenaikan harga tabung gas elpiji 12 kilogram menjadi penyebabnya, sehingga banyak konsumen yang beralih.

Pengelola pangkalan gas elpiji di Wates Alfian Cakra Yuda menuturkan pasokan tabung gas elpiji tiga kilogram dari Pertamina dikurangi. Biasanya, pangkalan mendapat pasokan tiga kali seminggu, namun kali ini hanya dua kali seminggu.

"Satu kali pasok sekitar 260 sampai 360 tabung gas elpiji tiga kilogram," sebutnya.

Untuk pemerataan, kata dia, permintaan pelanggan pun dibatasi. "Jika biasanya pelanggan bisa ambil lima tabung sekarang jadi empat tabung," imbuh Alfian.

Saat ini harga tabung gas elpiji tiga kilogram sekitar Rp15.500 dari pangkalan, sedangkan ukuran 12 kilogram mencapai Rp140.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement