Advertisement

LIBUR AKHIR TAHUN : Lalu Lintas ke Pantai Gunungkidul Padat, Sempat Diterapkan Jalur Searah

David Kurniawan
Minggu, 25 Desember 2016 - 20:20 WIB
Nina Atmasari
LIBUR AKHIR TAHUN : Lalu Lintas ke Pantai Gunungkidul Padat, Sempat Diterapkan Jalur Searah Kondisi arus lalulintas di Simpang Tiga Baron, Desa Kemadang, Tanjungsari terpantau ramai lancar seiring peningkatan arus kunjungan di musim libur natal dan tahun baru, Minggu (25/12/2016). (David Kurniawan/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Libur akhir tahun dimanfaatkan warga untuk berwisata ke Gunungkidul

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Kawasan wisata di Gunungkidul mulai dibanjiri pengunjung memasuki libur akhir tahun. Meski bertambah, namun kondisi arus lalulintas terpantau padat dan lancar.

Advertisement

Kepadatan arus sudah terlihat di jalur Jogja-Wonosari. Kondisi yang sama juga terlihat Pertigaan Mulo dan Baron. Bahkan untuk mengurai kepadatan, polisi sempat melakukan rekayasa arus lalu lintas dengan menerapkan jalur searah menuju kawasan pantai.

Kepala Pos Pengamanan Baron Ipda Sartono mengatakan, lonjakan pengunjung ke kawasan pantai sudah terlihat sejak Minggu (25/12/2016) sekitar pukul 10.30 WIB. Hal ini terlihat dari banyaknya arus kendaraan masuk.

Akibatnya di beberapa titik, antrean kendaraan sempat mengular hingga satu kilometer. “Kepadatan bisa dilihat di TPR Baron, JJLS dan pertigaan Kukup,” katanya.

Dia menjelaskan, meski ada peningkatan arus namun kondisi masih terhitung kondusif sehingga tidak menimbulkan kemacetan. “Kita terus siaga agar kondisi lalu lintas tetap lancar,” katanya.

Hal yang tak jauh berbeda diungkapkan oleh Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto. Menurut dia, jika dibandingkan dengan hari-hari biasa, jumlah kunjungan ke kawasan pantai mengalami lonjakan. “Hari ini [kemarin] pengunjung lebih banyak dan kondisinya ramai lancar,” kata Suris.

Dia mengungkapkan, hingga pukul 16.00 WIB, kondisi di wilayah  pantai Gunungkidul relatif aman terkendali. Suris tidak menampik, di Pantai Baron sempat ada pengunjung yang menggunakan ban terseret sampai ke tengah.

Namun berkat kesiapsiagaan petugas, wisatawan tersebut dapat diselamatkan. “Selebihnya belum ada insiden apapun. Namun demikian, saya meminta kepada pengunjung untuk terus berhati-hati,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement