Renovasi Kraton Jogja Terapkan Prinsip "Pertahankan", Ini Penjelasannya

05 Mei 2017 21:20 WIB Sunartono Jogja Share :

Pemda DIY merenovasi Bangsal Kencono dan Dalem Ageng Proboyakso yang berada di Kedhaton

 

Harianjogja.com, JOGJA - Pemda DIY merenovasi Bangsal Kencono dan Dalem Ageng Proboyakso yang berada di Kedhaton, kompleks http://m.harianjogja.com/?p=814754">Kraton Ngayogyakarta.

Dari kedua bangunan itu, titik yang akan direnovasi sangat beragam. Mulai dari bagian atap hingga aksesori bangunan.

Oleh karena itu, proses rehabilitasi melibatkan sejumlah arkeolog, ahli cagar budaya dan arsitek. Tim itu melakukan seleksi terhadap berbagai titik bangunan yang sudah waktunya untuk direnovasi.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUP-ESDM DIY Muhammad Mansyur mengatakan pihaknya akan menggunakan prinsip mempertahankan. Jika hasil rekomendasi tim tersebut suatu benda masih bisa dipakai, pihaknya hanya memperbaiki biasa.

Namun jika terdapat suatu titik yang sudah tidak bisa dipertahankan lagi, pihaknya akan menggantinya dengan barang yang sejenis.

"Kerusakannya tidak parah. Karena heritage barang spesifik di Kraton, kalau masih bisa diupayakan dipakai ya dipakai lagi. Tim ini akan menyeleksi tingkat kerusakan di berbagai titik. Kalau rekomendasi masih bisa dikembalikan, kami manfaatkan. Kalau tidak bisa ya diganti mencari yang sejenis," jelasnya.