BULOG DIY : Harga Komoditas Pangan Ditarget Turun Hingga 20%,

Kepala Perum Bulog Divre DIY Miftahul Adha (berdiri) mengisi Sharing Bisnis Perum Bulog Divre DIY dengan Mitra dan Calon MitraBisnis "Maju Bersama Meraih Prestasi Gemilang" dalam rangka ulang tahun Bulog ke-50, di kantor Bulog Kotabaru, Rabu (10/5/2017). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI - Harian Jogja)
12 Mei 2017 11:22 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Bulog DIY mengembangkan kemitraan dari hulu ke hilir.

Harianjogja.com, JOGJA -- Perum Bulog Divre DIY terus mengembangkan kemitraan dari hulu ke hilir. Tujuannya memotong mata rantai distribusi bahan pangan agar tidak terjadi lonjakan harga sampai di tangan konsumen terakhir.

Baca Juga :http://m.harianjogja.com/2017/05/11/bulog-diy-demi-menekan-harga-pangan-mata-rantai-distribusi-dipotong-816200"> BULOG DIY : Demi Menekan Harga Pangan, Mata Rantai Distribusi Dipotong

Kepala Perum Bulog Divre DIY Miftahul Adha mengatakan kebijakan ini tidak hanya untuk komoditas padi, Bulog juga berupaya memutus rantai distribusi untuk bahan pangan lainnya yang kerap mengalami fluktuasi harga yang tajam, seperti bawang putih.

Mifta optimistis dengan upaya pemotongan rantai distribusi itu bisa menekan harga komoditas bahan pangan sampai 20%. Sejauh ini, Bulog
baru menjalin kerjasama dengan dua BUMDes yang ada di Sleman, dari target 75 BUMDes untuk tahun ini Sementara jumlah RPK sampaui saat ini sudah mencapai 570 dari target 600 RPK.

Mifta mengatakan, jika belum sampai akhir tahun sudah mencapai 600 RPK, Bulog akan terus menambah sampai 1.000. “Targetnya kalau semua kabupaten/kota sudah ada, targetnya setiap desa ada [RPK],” tuturnya, Kamis (11/5/2017).

Salah satu Sahabat RPK di Sleman, Sukamto mengatakan harga komoditas seperti gula pasir di RPK memang sering di bawah rata-rata harga
pasar. Saat ini, gula pasir dijual Rp12.500 per kg di tengah harga di pasaran yang mencapai Rp13.000 per kg. Namun pada saat tertentu, harga
di RPK bisa lebih mahal dibandingkan di pasaran.

“Tapi RPK kan menang stabilnya. DI luar naik turun, kita tetap stabil di harga Rp12.500,” katanya. Menurutnya RPK memberikan solusi berbelanja dengan harga yang pasti.