Tiga OPD Kulonprogo Meraih Penghargaan Kemenpan-RB

29 Januari 2018 12:55 WIB Uli Febriarni Kulonprogo Share :

Ketiga OPD ini dinilai mampu mewujudkan pelayanan publik yang cepat, ringkas, dan berkualitas

Harianjogja.com, KULONPROGO-Tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kulonprogo meraih penghargaan atas pelaksanaan pelayanan publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kulonprogo Rudiyatno mengatakan, tiga OPD tersebut adalah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan RSUD Wates. Penghargaan itu diberikan karena ketiga OPD ini dinilai mampu mewujudkan pelayanan publik yang cepat, ringkas, dan berkualitas.

Lewat penghargaan yang diserahkan  pada Rabu (24/1), tiga OPD tersebut mendapat penilaian kategori baik dan diharapkan bisa meningkatkan kembali nilai mereka di masa depan sekaligus memotivasi OPD lain untuk menjadi lebih baik. "Sehingga kualitas pelayanan publik di Kulonprogo menjadi lebih baik. Nantinya bisa memberi dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya, Minggu (28/1).

Kepala DPMPT Kulonprogo, Agung Kurniawan menyatakan peningkatan pelayanan publik yang dilakukan oleh DPMPT tidak lepas dari hadirnya sejumlah inovasi pelayanan publik yang telah dibuat DPMPT. Beberapa di antaranya perizinan online, jemput bola, perizinan simultan atau penyederhanaan satu berkas untuk tiga izin sekaligus.

"Kami juga menyusun geographic information system, membuat desk investasi, bahkan tim khusus penanganan investasi skala besar. Pemkab Kulonprogo juga sudah punya Perda maupun Perbup tentang kemudahan dalam hal penanaman modal," ujarnya.

Kendati telah meraih penghargaan, ia menilai pelayanan publik yang dilakukan DPMPT masih menemui sejumlah kendala. Misalnya saja sarana prasarana gedung yang masih berada di dua lokasi. Dia berharap, gedung DPMPT yang baru bisa dibangun pada tahun ini. Dengan demikian, masyarakat bisa lebih mudah untuk mendapatkan pelayanan perizinan dan kebutuhan lainnya terkait investasi.