Peringati Serangan Umum 1 Maret, 1.500 Bambu Runcing Ditancapkan Mengelilingi Monjali

01 Maret 2018 15:55 WIB Irwan A Syambudi Sleman Share :

Sebanyak 1.500 bambu runcing ditancapkan di sekeliling Monumen Jogja Kembali atau lebih dikenal Monjali

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebanyak 1.500 bambu runcing ditancapkan di sekeliling Monumen Jogja Kembali atau lebih dikenal Monjali. Banyaknya bambu runcing yang ditancapkan itu berhasil memecahkan Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri).

Manajer Muri, Ariani Siregar mengatakan pemasangan bambu runcing di Monjali telah memecahkan rekor pemasangan bambu runcing terbanyak.

“Pada hari ini [Kamis, 1/3/2018] Monumen Jogja Kembali mencatatkan prestasinya yaitu pemasangan bambu runcing terbanyak pada monumen perjuangan sejumlah 1.500 bambu runcing,” kata dia, Kamis (1/3/2018).

Pemasangan bambu runcing ini juga sekaligus telah memecahkan rekor sebelumnya yakni pemasangan 258 bambu runcing di mobil pada 2012 lalu di Semarang, Jawa Tengah. Dan dengan adanya karya dan karsa ini, dicatat dalam rekor Muri pada urutan rekor ke 8.349. Serta pihaknya memberikan piagam penghargaan kepada pengelola Monjali atas prestasi yang ditorehkan.

Sementara itu, Ketua Panitia sekaligus Kepala Bagian Operasional Monjali Nanang Dwinarto mengatakan pemasangan bambu runcing sebanyak 1.500 buah ini memang diagendakan secara khusus di peringatan Serangan Oemoem 1 Maret.

Pihaknya bekerjasama dengan mahasiswa pecinta alam (Mapala) UPN Jogja untuk pemasangan bambu dan bendera merah putih selebar lapangan futsal di atas Monumen.

Untuk bambu runcing sendiri sudah mulai dipasang sejak sepekan sebelumnya. Ribuan batang bambu tersebut selian dari DIY juga didatangkan dari daerah Magelang dan Temanggung.