Advertisement

Kesurupan karena Mengutil Batu Candi Bukan yang Pertama, Korbannya juga Warga Tangerang

Bhekti Suryani
Rabu, 11 April 2018 - 18:22 WIB
Bhekti Suryani
Kesurupan karena Mengutil Batu Candi Bukan yang Pertama, Korbannya juga Warga Tangerang Siswa yang kesurupan sedang diberi pertolongan di LPP Convention Hotel, Sleman, Rabu (11/4/2018). - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Kasus kesurupan massal karena mengambil batu keramat di kawasan Candi Prambanan ternyata bukan kali pertama terjadi. Dua tahun lalu kasus serupa pernah terjadi di Candi Borobudur.  

Puluhan siswa SMK 4 Tangerang, Banten sebelumnya mengalami kesurupan massal pada Selasa (10/4/2018) jelang Rabu (11/4/2018) dini hari. Para siswa itu kesurupan setelah berwisata ke Candi Prambanan. Musababnya salah satu dari siswa mengambil batu sebesar jempol di kawasan candi yang berusia ribuan tahun itu.

General Manager PWC Prambanan Aryono Hendro mengatakan, ada beberapa siswa SMK 4 Tangerang yang kesurupan setelah berwisata ke Candi Prambanan.

"Ketika kesurupan, katanya salah satu ditanya sama gurunya, kamu ambil apa? Dia bilang dia ambil selendang, tapi ternyata setelah dia sadar, yang dia ambil itu ternyata dua batu sebesar jempol. Dia dapat dari dalam area candi," kata Aryono saat dihubungi Harianjogja.com, Rabu (11/4/2018).

Kejadian serupa juga pernah menimpa wisatawan yang berkunjung ke Borobudur pada Mei 2016. Kebetulan, wisatawan yang kesurupan juga merupakan siswa yang berasal dari Tangerang, Banten.

Salah satu rombongan siswa asal Tangerang itu mengambil batu di kawasan candi Borobudur. Akibatnya, sepulang berwisata para siswa tak sadarkan diri karena mengalami kesurupan.

 

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anggaran Pupuk Bersubsidi Sentuh Rp54 Triliun, Mentan: Awasi Distribusinya

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement