Advertisement

Koreografi Silat Digelar di Kedungpoh, Ini Tujuannya

Jalu Rahman Dewantara
Minggu, 15 April 2018 - 16:20 WIB
Arief Junianto
Koreografi Silat Digelar di Kedungpoh, Ini Tujuannya Ilustrasi Pencak Silat - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Pentas koreografi pencak silat DIY-Jateng akan digelar di Desa Kedungpoh, Kecamatan Nglipar. Kegiatan itu sengaja digelar dalam rangka merintis status Desa Kedungpoh sebagai Kampung Silat.

Dibalut suasana tradisional, acara yang berlangsung pada Minggu (15/4/2018) sejak pukul 10.00 WIB di kompleks Balai Budaya Desa Kedungpoh tersebut berlangsung meriah.

Advertisement

Ketua Panitia Festival Koreografi Pencak Silat, Rudi Andaka, mengatakan festival yang diikuti belasan tim pencak silat tersebut bertujuan untuk membudayakan pencak silat sehingga mampu berkembang.

"Harapan kami tentunya bisa diketahui masyarakat umum, artinya bisa mengembangkan pencak silat serta adanya festival ini perekonomian masyarakat meningkat," ujarnya, Minggu.

Ia menambahkan selain baru pertama kali diadakan di Gunungkidul, festival tersebut juga untuk mengukuhkan Desa Kedungpoh sebagai rintisan kampung pencak silat. "Ini untuk membentuk Kedungpoh sebagai kampung pencak silat, karena memang sudah ada beberapa perguruan pencak silat di sini," kata dia.

Selain itu festival tersebut digelar juga sebagai langkah awal pemersatu pencak silat di Gunungkidul. "Berawal dari sini [Kedungpoh] untuk bisa berlanjut ke seluruh Gunungkidul," katanya.

Terkait dengan acara koreografi pencak silat yang ditampilkan dalam festival tersebut Rudi mengungkapkan pencak silat bukan sebagai adu fisik, melainkan kemampuan menampilkan keindahan gaya yang menunjung kearifan lokal jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenag Luncurkan Alquran Terjemahan Bahasa Gayo

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement