Advertisement

ORI DIY Dukung Penuh Upaya KP4 Memonitor RSUD Wonosari

Herlambang Jati Kusumo
Jum'at, 20 April 2018 - 14:20 WIB
Arief Junianto
ORI DIY Dukung Penuh Upaya KP4 Memonitor RSUD Wonosari RSUD Wonosari, Gunungkidul - JIBI/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Menyikapi monitoring yang dilakukan Komunitas Perempuan Peduli Pelayanan Publik (KP4) Gunungkidul terhadap sejumlah fasilitas di RSUD Wonosari, khususnya yang terkait dengan fasilitas untuk para perempuan direspons positif oleh Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan DIY.

Ketua ORI DIY, Budhi Masthuri mengatakan KP4 merupakan kepanjangan tangan dari ORI DIY di tingkat kabupaten. Dia mengatakan ORI DIY memang memiliki partner kerja yang ia sebut sebagai Sahabat Ombudsman. “Jadi tiap-tiap Sahabat Ombudsman memiliki program sendiri-sendiri di tiap kabupaten, kali ini KP4 memilih untuk memantau fasilitas kesehatan,” ucapnya, Kamis (19/4/2018).

Advertisement

Menurutnya data hasil observasi yang dilakukan KP4 dapat diolah menjadi satu klasifikasi apakah RSUD sudah patuh terhadap UU. “Nanti dapat dilihat apakah hasilnya RSUD telah patuh memenuhi apa yang diamatkan UU No.25/2009 tentang Standar Pelayanan Publik. UU itu mengamanahkan setiap penyelenggara pelayanan harus mempublikasikan prosedur, syarat, tarif, waktu, termasuk kalau komplaim harus kemana,” kata dia.

Jika ada hasil temuan nanti akan dibahas dalam waktu dekat bersama Direktur RSUD Wonosari, Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul dan berbagai stakeholder, serta tokoh masyarakat untuk membahas hasil temuan untuk perbaikan ke depan.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Wonosari, Martono menyambut monitoring yang dilakukan oleh sahabat Ombusdman. "Pemantauan memang harus dilakukan supaya pelayanan manjemen terus meningkat dan melakukan evaluasi. Kami dukung dalam waktu dekat akan ada juga monitoring dari Kementrian Kesehatan RI," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TWC Targetkan Wisatawan Candi Borobudur & Prambanan Naik 37% Saat Libur Lebaran

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement