Advertisement

Dua Tarian Ciptaan KRT Sasminta Dipura Direvitalisasi

Salsabila Annisa Azmi
Minggu, 13 Mei 2018 - 07:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Dua Tarian Ciptaan KRT Sasminta Dipura Direvitalisasi Tarian Panembahan Senopati Retno Dumilah saat ditampilkan dalam Revitalisasi Seni Tari TBY di Ndalem Pujokusuman, Jogja, Jumat (11/5/2018). - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Taman Budaya Yogyakarta (TBY) menyelenggarakan revitalisasi seni tari sebagai upaya menghidupkan kembali kesenian-kesenian yang sudah lama tidak ditampilkan.

Tujuannya agar generasi saat ini dan generasi di masa yang akan datang dapat mempelajari budaya tersebut. Tahun ini TBY merevitalisasi seni tari klasik Bedhaya Murti Panukmaningsih dan Panembahan Senopati Retno Dumilah ciptaan Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Sasminta Dipura yang merupakan pendiri Yayasan Pamulangan Beksa Sasmita Mardawa (YPBSM).

Advertisement

Kepala Taman Budaya Yogyakarta Eni Lestari mengatakan, TBY menargetkan dua kesenian yang direvitalisasi setiap tahunnya dengan dua sasaran yaitu seni klasik dan seni kerakyatan. Eni mengatakan, sebelumnya TBY sudah merevitalisasi seni kerakyatan dari Gunungkidul yaitu Gerit-Gerit Lanco dan Gaco.

"Kemudian klasiknya adalah dua tarian ini [Bedhaya Murti Panukmaningsih dan Panembahan Senopati Retno Dumilah ciptaan KRT Sasminta Dipura]. Naskah, gambar dan kaset akan kita kaji dan kita usulkan ke Kemendikbud khususnya ke Direktorat Kesenian menjadi Warisan Budaya Tak Benda [WBTB] milik DIY," kata Eni di sela pergelaran Revitalisasi Tari Taman Budaya Yogyakarta di Ndalem Pujokusuman, Jumat (12/5/2018).

Dalam acara tersebut, Bedhaya Murti Panukmaningsih dan Panembahan Senopati Retno Dumilah ciptaan KRT Sasminta Dipura ditampilkan di depan para undangan. Eni mengatakan, memang pergelaran tersebut tidak terlalu diekspos untuk umum, supaya tim TBY bisa fokus merekam dan mengkaji tarian tersebut untuk arsip dokumen yang akan diajukan sebagai paten budaya DIY.

Eni mengatakan, mematenkan tarian ciptaan KRT Sasminta Dipura tersebut merupakan salah satu upaya agar budaya Indonesia khususnya DIY tidak pindah ke tangan negara lain. Nantinya setelah dipatenkan, tarian tersebut akan mendapat piagam budaya yang berisi paten bahwa budaya tersebut adalah milik DIY. Eni menambahkan, tahun depan TBY menyasar beberapa budaya Puro Pakualaman untuk direvitalisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement