Advertisement

Makanan Produksi 2016 Masih Dijual di Pasar Jombokan

Uli Febriarni
Jum'at, 25 Mei 2018 - 14:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Makanan Produksi 2016 Masih Dijual di Pasar Jombokan Sejumlah petugas memeriksa produk yang dijual pedagang di Pasar Jombokan, Desa Tawangsari, Kecamatan Pengasih, Jumat (25/5 - 2018). Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Razia gabungan dalam rangka pengawasan pangan digelar Pemkab Kulonprogo di Pasar Jombokan, Desa Tawangsari, Kecamatan Pengasih, Jumat (25/5/2018). Dalam operasi yang digelar, petugas menemukan puluhan makanan dan minuman kedaluwarsa yang masih dijual oleh sejumlah pedagang.

Aksi yang digelar setiap Ramadan dan menjelang Idulfitri 2018 itu melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pertanian dan Pangan Pemkab Kulonprogo.

Advertisement

Kepala Seksi Penyidikan dan Penindakan Satpol PP Kulonprogo, Qumarul Hadi, menjelaskan dalam aksi itu petugas menyita puluhan jenis makanan serta minuman yang masih dijual dalam kondisi kemasan rusak dan kedaluwarsa. Pada tubuh kemasan tertera tahun kedaluwarsa mulai 2016 hingga Januari 2018. Sejumlah makanan dan minuman lainnya ditemukan dengan keterangan tanggal kedaluwarsa sudah hilang. "Ada minuman energi, larutan penyegar, makanan ringan, dan kue basah yang sudah berjamur," katanya, Jumat.

Ia menambahkan, razia juga dilakukan kepada para pedagang jamu tradisional. Petugas menemukan jamu asam urat yang belum terdaftar di BBPOM, sehingga langsung disita, dan sebagian di antaranya langsung dimusnahkan di tempat. Razia yang akan terus dilakukan hingga H-1 menjelang Idulfitri ini dilaksanakan sebagai bentuk penegakan dua undang-undang, yaitu Undang-Undang Pangan dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen.

Salah seorang pedagang, Herjani, mengaku kurang teliti dalam menjajakan dagangannya. Ketika sales datang, ia tidak mengecek tanggal kedaluwarsa produk yang diantarkan. "Dagangan yang kedaluwarsa ditaruh di tumpukan bawah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement