Advertisement

Rombak Trotoar Kotabaru, Tiang Listrik Diganti dengan yang Baru

Abdul Hamied Razak
Kamis, 04 Oktober 2018 - 16:20 WIB
Arief Junianto
Rombak Trotoar Kotabaru, Tiang Listrik Diganti dengan yang Baru Sejumlah petugas dari PLN sedang memindahkan jaringan listrik dari tiang lama ke tiang baru di Jalan Suroto, Kamis (4/10/2018). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Proyek revitalisasi kawasan pedestrian Jalan Suroto, Kotabaru terus dikebut. Selain proyek tersebut kini sudah menyentuh revitalisasi bulevar, penggeseran jaringan listrik dari tiang lama ke tiang baru juga mulai dilakukan.

Dari pantauan Harianjogja.com Kamis (4/10/2018), sejumlah petugas dari PLN mulai memindahkan jaringan listrik dari tiang lama ke tiang baru. Sementara tiang lama yang sudah tidak digunakan, diangkat agar tidak mengganggu pemasangan batu di sepanjang trotoar tersebut.

Advertisement

Sejumlah petugas dari PLN sedang memindahkan jaringan listrik dari tiang lama ke tiang baru di Jalan Suroto, Kamis (4/10/2018)./Harian Jogja-Abdul Hamid Razak

Adapun taman bulevar yang lama, kini sudah rata dengan tanah. Taman tersebut rencananya akan diganti dengan model dan tampilan yang lebih ramah bagi pejalan kaki.

Satu-satunya yang tersisa di kawasan bulevar itu nantinya hanya pepohonan rindang. "Kami optimistis revitalisasi kawasan pedestrian di Jalan Suroto selesai akhir tahun ini," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Jogja Agus Tri Haryono, Kamis.

Awalnya, pekerjaan revitalisasi bulevar di Jalan Suroto akan dilakukan tahun depan. Namun lantaran usulan penambahan Dana Keistimewaan sebesar Rp1,9 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DIY Perubahan 2018 disetujui, maka lelang pekerjaan bulevar dilakukan tahun ini.

Seusai dilelang September lalu, pekerjaan revitalisasi bulevar di Jalan Suroto pun segera dilakukan dengan. Pengembang langsung membongkar taman tersebut dengan menyisakan pohon-pohon besar. "Setelah ini, kami akan membangun taman dengan konsep dan desain yang baru berserta trotoarnya,” katanya.

Dia mengatakan tampilan bagian taman di bulevar Jalan Suroto didesain lebih modern. Trotoar menggunakan bahan teraso dan dibuat lebih luas agar bisa dimanfaatkan sebagai ruang publik. “Pot taman yang semula tinggi, akan diganti dengan pot yang lebih rendah. “Di sana nanti akan dilengkapi dengan ornamen lampu yang menyorot ke arah pohon agar taman lebih menarik lagi,” kata Agus.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jogja Suyana mengatakan tanggung jawab untuk merapikan pohon-pohon besar di bulevar tersebut menjadi kewajiban DLH. Dia menjamin tidak ada pohon yang dipangkas untuk kebutuhan revitalisasi. “Hanya dirapikan, dipangkas dahannya tidak ditebang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement