Advertisement

Optik General Gratiskan Pemeriksaan Mata 503 Siswa di Sleman

Fahmi Ahmad Burhan
Minggu, 07 Oktober 2018 - 05:50 WIB
Bhekti Suryani
Optik General Gratiskan Pemeriksaan Mata 503 Siswa di Sleman Salah satu siswa MTs Negeri 3 Sleman sedang diperiksa matanya oleh petugas Optik General pada Sabtu (6/10/2018). - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Optik General menggelar bakti sosial melalui pemeriksaan mata serta pembagian kacamata gratis kepada siswa MTs Negeri 3 Sleman, di Desa Wedomartani Ngemplak pada Sabtu (6/10/2018). Siswa diingatkan agar menjaga kesehatan matanya.

Pemilik Optik General Rini Setyawati mengatakan dalam rangka ulang tahun Optik General ke-11, pihaknya mengadakan bakti sosial. "Sebanyak 503 siswa diperiksa kesehatan matanya, nanti kami sediakan 100 kacamata gratis," ungkap Rini, Sabtu.

Advertisement

Menurutnya, kegiatan itu sebagai bentuk kontribusi sosial kepada siswa agar menjaga kesehatan matanya. Ia mengatakan pihaknya memilih siswa setingkat SMP karena pada usia tersebut kesehatan mata mulai terpengaruh oleh dampak buruk pemakaian gawai.

"Kami memilih tingkat SMP, karena mulai tingkat itu mereka mulai menggunakan laptop juga handphone, kesehatan matanya juga akan dipengaruhi itu. Maka secara dini kami periksa untuk melihat kondisi mata mereka bagaimana," jelas Rini.

Rini mengungkapkan, setelah dilakukan pemeriksaan, untuk mata siswa di atas minus satu, berhak mendapat kacamata cuma-cuma. Sementara, apabila masih minus setengah hanya akan diedukasi.

Siswa akan diseleksi sesuai kondisi kesehatan matanya. Hanya siswa yang paling membutuhkan kacamata yang akan diberikan kacamata gratis.

Menurut dia beberapa faktor menyebabkan kesehatan mata terganggu, salah satunya jarak baca. Siswa perlu memperhatikan kesehatan mata dengan tidak membaca saat posisi berbaring atau pada kondisi gelap.

Kepala MTs Negeri 3 Sleman Sri Haryati Handayani mengatakan dengan adanya pemeriksaan mata bagi siswa, akan bermanfaat terutama bagi siswa yang tidak mampu untuk memeriksakan matanya. "Harapan kami ke depan anak-anak sudah bisa membaca menulis dengan saksama. Yang tidak mampu beli kacamata bisa mendapat kacamata dengan gratis," ungkap Sri Haryati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement