Advertisement

Anggaran Minim, Perkembangan Perpusdes di Kulonprogo Tak Optimal

Jalu Rahman Dewantara
Jum'at, 19 Oktober 2018 - 14:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Anggaran Minim, Perkembangan Perpusdes di Kulonprogo Tak Optimal Foto ilustrasi. - Solopos/Nicolous Irawan

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pemerintah desa (pemdes) di Kulonprogo dinilai belum optimal dalam mengelola perpustakaan desa (perpusdes). Hal ini terlihat dari masih banyaknya perpusdes yang belum berkembang.

Merujuk data Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kulonprogo, total jumlah perpusdes yang ada saat ini sebanyak 91 unit. Jumlah tersebut berada di 88 desa/kelurahan di Kulonprogo. Secara kuantitas jumlah itu tergolong melimpah. Namun sejauh ini baru 40 perpusdes yang masuk dalam kategori maju dan berkembang. "Dari evaluasi kami pada 2017, baru ada 40 perpusdes yang berkembang, sisanya masih belum," ucap Kepala Bidang Perpustakaan DPK Kulonprogo, Sarjana, saat ditemui Harian Jogja, Kamis (18/10/2018).

Advertisement

Sarjana mengatakan belum berkembangnya perpusdes lantaran pemerintah desa setempat tidak menganggarkan dana yang berasal dari APBDes untuk memenuhi kebutuhan sarana prasarana serta sumber daya manusia (SDM). Walhasil secara fisik semua desa sudah punya perpusdes, tetapi pengelolaannya masih belum optimal. "Secara umum sejumlah desa masih belum menganggarkan [perpusdes]. Padahal sudah ada Permendes PDT 2017 yang berisi kewajiban bahwa pengembangan perpusdes merupakan program prioritas," kata Sarjana.

Diungkapkan Sarjana, kendala perpusdes yang masih belum berkembang selain minimnya sarana dan prasarana adalah ketiadaan SDM pengelola. Hal ini berkaitan dengan faktor ketiadaan anggaran desa yang dilimpahkan. "Jadi pengelola masih bersifat sukarelawan sehingga mereka belum fokus mengelola perpusdes," ucapnya.

Kepala DPK Kulonprogo, Agus Santosa, mengatakan sejumlah upaya telah dilakukan jawatannya untuk menyelesaikan permasalahan ini. Salah satunya dengan berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDPPKB) Kulonprogo untuk mengimbau kepada desa agar memasukkan pengembangan perpusdes di APBDes. "Sebab pengelolaan perpusdes ini perlu dukungan dana yang cukup," ucapnya.

Adapun upaya lain yang dilakukan DPK Kulonprogo yakni dengan melakukan akreditasi perpusdes, kegiatan lomba perpusdes terbaik, hibah buku, pemberian fasilitas penunjang sarana dan prasarana dan lain sebagainya. Dia berharap upaya-upaya tersebut bisa mendorong desa agar lebih memberi perhatian terhadap perpusdes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Jogjapolitan | 40 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Diserang Israel, Iran Sebut Fasilitas Nuklir Aman dan Siap Membalas dengan Rudal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement