BPAD DIY Gelar Roadshow Minat Baca

Kepala BPAD DIY, Monika Nur Listiyani memaparkan materinya saat Roadshow Minat Baca di Desa Segoroyoso, Kecamatan Pleret, Bantul, Senin (22/10/2018). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
22 Oktober 2018 20:20 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY menggelar roadshow minat baca untuk membudayakan kegemaran membaca di masyarakat. Roadshow digelar sebanyak 20 kali di kabupaten/kota, salah satunya di Desa Segoroyoso, Kecamatan Pleret, Bantul, Senin (22/10).

Kepala BPAD DIY, Monika Nur Listiyani mengatakan budaya membaca merupakan salah satu pintu menuju masyarakat sejahtera. Karena itu mau tidak mau kebiasaan membaca harus dibudayakan di semua lapisan masyarakat.

Saat ini tingkat minat baca buku di DIY masih 0,046 orang. Artinya dari 1.000 orang di DIY, hanya 46 orang yang membaca buku. Pihaknya terus berupaya menggenjot minat baca melalui berbagai program dan kegiatan, "BPAD DIY memiliki tiga program mendorong minat baca, yakni pengembangan dan pembinaan perpustakaan, penambahan bahan pustaka, dan pelayanan perpustakaan," kata Monika.

Selain itu ada juga program bimbingan teknis, bedah buku, hingga roadshow. Sarana perpustakaan sudah ada di semua desa di DIY atau sebanyak 438 perpustakaan dengan koleksi buku yang terus ditambah. "Jadi tidak ada alasan untuk tidak membaca," ujar Monika.

Ketua DPRD DIY, Yoke Indra Agung Laksana menyatakan Dewan akan terus mendorong BPAD menyiapkan berbagai sarana dan prasarana untuk memudahkan minat baca masyarakat. Meski saat ini perpustakaan sudah ada di hampir tiap desa, namun belum semua berjalan karena koleksi bukunya yang belum lengkap.

Setelah melengkapi koleksi buku di perpustakaan, maka Pemda DIY dan kabupaten kota yang perlu mengajak masyarakat ke perpustakaan melalui berbagai kegiatan. "Harapannya buat kegiatan yang menarik orang untuk membaca, misalnya dengan lomba-lomba tulis, festival, atau penghargaan dengan hadiah menarik sehingga orang akan tergerak untuk membaca buku sebagai bahan lomba tulis," ujar Yoke.