Advertisement

Pelamar Bidan di Kota Jogja Membludak, yang Diterima Hanya 19

Abdul Hamied Razak
Senin, 22 Oktober 2018 - 19:50 WIB
Bhekti Suryani
Pelamar Bidan di Kota Jogja Membludak, yang Diterima Hanya 19 Peserta ujian computer Assisted Test (CAT) calon pegawai negeri sipil (CPNS) mendengarkan arahan petugas sebelum melaksanakan ujian di Graha Soloraya kantor Bakorwil II Gladak, Solo, Kamis (16/10). - Solopos/Ardiansyah Indra Kumala

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Pelamar berlatar belakang bidan mendominasi pendaftaran CPNS di Pemkot Jogja.

Saat ini, ada sebanyak 6.596 pelamar CPNS Pemkot Jogja yang dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Advertisement

Dari jumlah tersebut, para pelamar didominasi lulusan kebidanan. Pasalnya jumlah pelamar yang dinyatakan lulus administrasi untuk kebidanan sebanyak 1.052 orang. Padahal bidan yang dibutuhkan hanya 19 orang.

Kepala Bidang Pengembangan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Jogja Ary Iryawan mengatakan dari jumlah tersebut untuk Honorer K2 dari tiga formasi yang dibutuhkan jumlah pendaftar [formasi bidan] sebanyak tiga orang. “Ketiganya dinyatakan memenuhi syarat administrasi. Untuk disabilitas, dari dua pendaftar hanya satu yang memenuhi syarat administrasi,” katanya, Senin (22/10/2018).

Terkait tingginya jumlah pendaftar untuk tenaga bidan sebanyak 1.052 orang, Ary juga tidak mengetahui penyebabnya. Padahal kebutuhan bidan dalam formasi CPNS tahun ini hanya 19 orang. “Ternyata lulusan dari kebidanan juga banyak. Saya juga heran,” katanya.

Penasihat Teknis untuk Inklusi Disabilitas dan Gender Anggia Sari Puji Aryati mengatakan tekait sedikitnya jumlah pelamar disabilitas yang mendaftar bisa disebabkan karena akses informasi bagi mereka masih kurang massif. Hal itu diharapkan bisa menjadi catatan untuk penyelenggaraan CPNS pada masa mendatang.

“Kemungkinan belum banyak yang tahu [karena kebijakannya baru]. Di sini ada kendala akses informasi. Bisa jadi banyak yang belum bisa baca dan tulis. Meskipun sudah banyak yang kuliah, memiliki keterampilan dan profesional,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement