Disperindag Kota Jogja Siapkan Tempat Sementara untuk Pedagang Prawirotaman

Ilustrasi pasar tradisional - Bisnis/Felix Jody Kinarwan
13 November 2018 23:17 WIB Newswire Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jogja sudah menyiapkan tempat penampungan sementara yang bisa digunakan pedagang Pasar Prawirotaman saat pasar tradisional tersebut direhabilitasi.

"Tempat untuk penampungan sementara yang bisa digunakan untuk berjualan sudah disiapkan. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pasar," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jogja Maryustion Tonang di Jogja, Selasa (13/11/2018).

Menurut dia, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jogja terus melakukan sosialisasi ke pedagang terkait rencana rehabilitasi Pasar Prawirotaman yang akan dibangun menjadi bangunan empat lantai.

"Pada prinsipnya, pedagang mau ditempatkan di lokasi penampungan sementara selama pekerjaan fisik berjalan," katanya.

Di lokasi penampungan sementara tersebut, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jogja akan berusaha memastikan bahwa pedagang tetap dapat berjualan dengan nyaman meskipun kondisinya tidak seperti di kios atau los yang biasanya ditempati pedagang.

Ia menyebutkan, seluruh pedagang Pasar Prawirotaman yang berjumlah 619 orang akan langsung ditempatkan di lokasi penampungan saat pasar direhabilitasi.

"Tidak seperti saat rehabilitasi Pasar Kranggan yang dilakukan dalam tiga tahap. Untuk rehabilitasi Pasar Prawirotaman dilakukan dalam satu tahap sehingga seluruh pedagang langsung ditempatkan di lokasi penampungan sementara selama proyek fisik berjalan," katanya.

Pemerintah pusat melalui Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2018 telah memasukkan rencana rehabilitasi Pasar Prawirotaman dalam kegiatan di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Anggaran yang dialokasikan untuk kebutuhan rehabilitasi pasar di Jalan Parangtritis Jogja tersebut mencapai Rp75 miliar.

Pemerintah Kota Jogja berharap, pekerjaan fisik sudah bisa dilaksanakan pada 2019 sehingga pada 2020 dapat dioperasionalkan.

Bangunan pasar yang akan disulap menjadi empat lantai rencananya tidak hanya digunakan untuk kegiatan jual beli komoditas bahan pokok, tetapi digunakan untuk kebutuhan lain. Lantai tiga dan empat akan dimanfaatkan untuk menampilkan produk industri kreatif lokal sedangkan lantai satu dan dua digunakan untuk aktivitas pasar tradisional.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi mengatakan produk industri kreatif lokal yang akan banyak ditampilkan di Pasar Prawirotaman adalah industri kuliner, fashion dan kerajinan.

Sumber : Antara