Mau Berwisata ke Pantai? Begini Kondisi Gelombang di Laut Selatan DIY

Suasana kawasan Pantai Gesing di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul, Jumat (14/12/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
27 Desember 2018 12:17 WIB Newswire Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Musim liburan, berwisata ke pantai bisa menjadi pilihan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika(BMKG) Yogyakarta, menyatakan gelombang di laut Selatan Yogyakarta dalam kondisi normal dengan tinggi rata-rata 1,5 hingga 2 meter dan kecepatan angin 15-30 knots.

"Masyarakat khususnya wisatawan tidak perlu resah. Tidak ada keterkaitan dengan kondisi gelombang di Selat Sunda pada beberapa waktu lalu," kata Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta, Agus Sudaryatno, di Yogyakarta, Kamis (27/12/2018).

Menurut dia, meski gelombang laut dalam kondisi normal, masyarakat yang beraktivitas di sepanjang pantai Selatan diimbau tetap waspada karena selama memasuki musim hujan hingga puncaknya pada Januari 2019 berpotensi terjadi cuaca ekstrem. "Cuaca ekstrem berupa hujan disertai angin kencang juga dapat memicu naiknya tinggi gelombang laut," katanya.

Ia berharap wisatawan yang berkunjung ke wahana wisata pantai di sepanjang pesisir Selatan Yogyakarta tidak terlalu dekat dengan bibir pantai. Demikian juga dengan nelayan agar tetap meningkatkan kewaspadaan saat melaut.

"Selama musim liburan ini jangan terlalu ke tepi pantai untuk mengantisipasi jika tiba-tiba muncul gelombang tinggi," kata Agus.

Selain mewaspadai gelombang tinggi, ia juga mengimbau masyarakat mewaspadai potensi terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, pohon tumbang, serta bahaya petir.

Sumber : Antara