Advertisement

Langgar Aturan Tata Ruang, 2 Pabrik di Kulonprogo Bakal Dipindah

Uli Febriarni
Rabu, 02 Januari 2019 - 18:50 WIB
Bhekti Suryani
Langgar Aturan Tata Ruang, 2 Pabrik di Kulonprogo Bakal Dipindah Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO- Sejumlah industri yang berada di perkotaan Wates, Kulonprogo akan dipindahkan ke Kawasan Industri Sentolo (KIS). Karena lokasinya tidak sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, Rabu (2/1/2019) menyebutkan, sedikitnya ada dua pabrik yang lokasinya tak sesuai RTRW di Wates, yaitu pabrik rokok di Desa Giripeni dan pabrik wig di Desa Triharjo. Rencananya, sebelum memindahkan pabrik, Pemerintah Kabupaten Kulonprogo akan berkoordinasi dengan pemilik pabrik.

Advertisement

Hasto mengungkapkan, di KIS saat ini mulai berkembang pabrik. Baik itu pabrik mesin pertanian, pabrik arang briket, pabrik bulu mata. Dalam waktu dekat akan dibangun pabrik pengolahan limbah rumah sakit dan investor sudah membebaskan lahan.

"Kami berharap pabrik yang ada di kawasan industri Sentolo mengurangi pengangguran," kata dia.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (DPMPT) Kulonprogo, Agung Kurniawan mengakui, masih ada sejumlah pabrik yang dibangun tak sesuai RTRW. Sehingga untuk meminimalisasinya, DPMPT telah menyajikan sistem informasi geografis (GIS).

Di dalamnya juga memuat informasi potensi investasi, supaya tidak menyalahi RTRW. GIS adalah sistem informasi khusus pengelola data yang memiliki informasi spasial yang bereferensi keruangan. Investor yang tertarik menanam modal di Kulonprogo, bisa mengakses potensi investasi lewat GIS. Sehingga mereka bisa menemukan lokasi berinvestasi yang sesuai.

"Sistem Perizinan Terpadu Daring (OSS) akan dipasang GIS untuk mengarahkan agar investasi sesuai RTRW. GIS diharapkan membuka informasi yang bisa diakses calon penanam modal," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement