Advertisement

Warga Lereng Merapi Kian Intensifkan Ronda

Yogi Anugrah
Kamis, 07 Maret 2019 - 16:20 WIB
Arief Junianto
Warga Lereng Merapi Kian Intensifkan Ronda Ilustrasi puncak Gunung Merapi. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Gunung Merapi tengah rutin menunjukkan aktivitasnya. Untuk mengantisipasi segala kemungkinan dari aktivitas Merapi saat ini, warga Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman melakukan kegiatan Ronda Merapi.

Kepala Desa Glagaharjo, Suroto, mengatakan kegiatan Ronda Merapi sudah dilaksanakan sejak tahun lalu, dengan waktu mulai dari pukul 21.00 WIB hingga pukul 02.00 WIB setiap harinya. "Ya prinsipnya ronda seperti biasa, untuk mengantisipasi segala kemungkinan dari aktivitas Gunung Merapi," kata Suroto, Kamis (7/3/2019)

Advertisement

Lebih lanjut, Suroto menjelaskan ronda tersebut dilakukan oleh warga tiap RT dan juga Komunitas-komunitas. "Kalau warga ya kumpul di gardu-gardu, per dusun per RT. Kalau komunitas membuat pos di Lapangan Stiper Kalitengah Kidul," ujar dia.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Makwan, mengatakan selain di Desa Glaharjo, Ronda Merapi juga dilakukan di Lapangan Parkir Kinahrejo, Turgo dan sejumlah tempat lain. "Tim Reaksi Cepat [TRC] juga menyambangi, melihat situasi aktivitas Merapi. Penggunaan handie talkie juga selama ini lancar," ujar dia.

Berdasarkan data dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), pada Kamis (07/03) hingga pukul 12.00 WIB terjadi dua kali awan panas guguran yakni pada pukul 07.44 WIB dengan durasi 121 detik, jarak luncur 1.200 meter, mengarah ke tenggara, sedangkan pada pukul 10.17 WIB awan panas guguran dengan durasi 97 detik, jarak luncur 1.000 meter, mengarah ke tenggara. Awan panas masih dalam jarak aman rekomendasi. Sehingga masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement