Advertisement

Gelar Seni TBY Jadi Ajang Apresiasi

Lugas Subarkah
Sabtu, 23 Maret 2019 - 19:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Gelar Seni TBY Jadi Ajang Apresiasi Penampilan seni kerakyatan Kubrosiswo Siswomudo dari Tempel, Sleman, sebagai pembuka Gelar Seni TBY Bulan Maret 2019. - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Taman Budaya Yogyakarta (TBY) sebagai Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Kebudayaan DIY, senantiasa mengapresiasi kekayaan seni budaya yang dimiliki masyarakat. Hal ini ditunjukkan dengan menggelar kegiatan Gelar Seni TBY setiap sebulan sekali.

Koordinator Lapangan Gelar Seni TBY, Wastianto mengatakan acara kali ini merupakan acara kedua pada 2019. Seni pertunjukan yang berlangsung di panggung outdoor TBY dari pukul 11.00-17.00 WIB ini melibatkan sejumlah kelompok seni tradisi yang tersebar di DIY.

Advertisement

Ia menjelaskan, seni pertunjukan yang dipentaskan dalam Gelar Seni TBY mencakup enam seni rakyat, satu wayang, dan satu kethoprak. “Untuk pementasan Maret hari pertama, diisi oleh seni kerakyatan Kubrosiswo Siswomudo, Jathilan Satriyo Kridho Budoyo, Langen Carita Sanggar Tari Kembang dan wayang oleh Ki Mara Pembayun, dengan lakon Lampahan Jabang Tetuka,” katanya kepada Harian Jogja, Sabtu (23/3/2019).

Sedangkan pada hari kedua, Minggu (24/3/2019) pementasan akan diisi oleh seni kerakyatan Kelompok Tari SKB, Bale Seni Condro Radono, Jathilan Campur Sari Mari Kangen, dan kethoprak oleh Komunitas Kethoprak Lintang Kumedhap. “Seni tradisi kerakyatan, masing-masing kelompok 22 orang, kalau kethoprak itu 39 orang, dan wayang kulit sekitar 22 orang juga,” jelas Wastianto.

Dalam menjaring kelompok seni kerakyatan, TBY melakukan seleksi proposal yang diajukan oleh masing-masing kelompok. Selain memberi kesempatan kepada kelompok seni kerakyatan tampil di depan audiens, Gelar Seni TBY ini juga agar masyarakat tetap bisa menikmati seni pertunjukan tradisional di tengah arus modernisasi yang kian pesat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement