Sidak di TPST Piyungan, Ketua DPRD DIY Akan Bantu Warga Penuhi Tuntutan

Ketua DPRD DIY, Yoeke Indra Agung Laksana (kanan) saat melakukan sidak di TPST Piyungan pada Senin (15/4). - Harian Jogja/Kiki Luqmanul Hakim (ST16).
16 April 2019 14:27 WIB Kiki Luqmanul Hakim (ST16) Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL – Tempat Pengelolahan Sampah Terpadu (TPST) telah beroprasi kembali, namun dari lima tuntutan warga, baru satu yang terpenuhi. Ketua DPRD DIY Yoeke Indra Agung Laksana melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk melihat langsung operasional itu pada Senin (15/4/2019).

Ketua Pemulung TPST Piyungan mengatakan, lima tuntutan tersebut diantaranya adalah, akses jalan menuju dua dermaga yang ada di TPST, Kompensasi per Kartu Keluarga (KK), drainaise, lampu penerangan serta pengerasan jalan atau conblock.

“Dari lima tuntutan warga, hanya baru satu yang terpenuhi yaitu pembangunan akses jalan ke dua dermaga sementara yang ada disini. Dengan adanya akses itu kan sangat membantu, antriannya semakin sedikit dan tidak menumpuk,” katanya Senin (15/4/2019).

Dirinya juga menyampaikan bahwa warga sekitar sangat berharap tuntutan lainnya dapat segera dipenuhi oleh pemerintah dan harus segera ditindaklanjuti.

Menanggapi hal tersebut Ketua DPRD DIY, Yoeke Indra Agung Laksana mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung penuh atas tuntutan tersebut. Pihaknya juga bersedia membantu dengan mendorong Pemda DIY untuk menambah anggaran di APBD dalam rangka memenuhi tuntutan tersebut.

“Persoalan jalan ini sebenarnya sudah direncanakan, setahu saya, dan pembangunan jalan akan dilakukan pada bulan April. Saya harap semua tuntutan warga itu bisa dipenuhi oleh Dinas Provinsi, jika dalam eksekusinya Dinas Provinsi mengalami kesulitan dalam biaya, kami dari dewan DPRD DIY siap membantu,” katanya di sela-sela inspeksi mendadak di TPST Piyungan.