Advertisement

Harap-harap Cemas Para Caleg DPR RI Dapil DIY, Siapa Melenggang ke Senayan?

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 26 April 2019 - 05:57 WIB
Nina Atmasari
Harap-harap Cemas Para Caleg DPR RI Dapil DIY, Siapa Melenggang ke Senayan? Rapat Anggota DPR di Gedung DPR RI. - Bisnis Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Rekapitulasi suara untuk Pileg di wilayah DIY masih terus berlanjut. Masing-masing calon anggota legislatif (Caleg) harap-harap cemas menunggu proses penghitungan suara.

Caleg dari PDIP dari Dapil DIY untuk DPR RI, Idham Samawi mengatakan meskipun rekapitulasi suara sementara menunjukkan capaian suara PDIP cukup tinggi namun hingga kini masih belum terlihat siapa yang bisa melanggeng ke Senayan.

Advertisement

"Proses penghitungan suara sampai saat ini belum selesai. Sampai saat ini data diinternal yang masuk baru 52 persen. Saya masih belum tahu peluangnya, saya masih menunggu," kata Idham kepada Harianjogja.com, Kamis (26/4/2019) malam.

Idham menjelaskan, pada Pemilu 2019 ini PDIP DIY menargetkan minimal dua kursi untuk DPR RI. Target yang sama juga dilakukan pada Pemilu 2014. Meski demikian, pada Pemilu 2019 ini PDIP mengupayakan untuk menambah satu kursi lagi.

"Hanya saja sampai saat ini masih juga dilakukan PSU [pemungutan suara ulang] di beberapa TPS. Jadi kami masih menunggu rekapitulasi suaranya. Yang jelas target kami menang di semua wilayah," papar mantan Bupati Bantul itu.

Hal senada disampaikan oleh Caleg Partai Golkar Gandung Pardiman. Hingga Kamis malam, katanya, perolehan suara untuk Caleg DPR RI untuk Dapil DIY di Golkar terus dilakukan diinternal partai. Apalagi, jumlah suara yang masuk untuk DPR RI untuk Dapil DIY cukup ketat. "Golkar masih rebutan kursi ke 8 dengan PDIP. Sebab jumlah kursi untuk Dapil DIY ke DPR RI hanya delapan kursi," katanya.

Sampai saat inipun Gandung belum bisa memastikan apakah suara Golkar masih bisa mengirimkan satu kursi untuk DPR RI. "Data [di internal] kami baru masuk 73 persen. Jadi masih belum tahu siapa yang ke Senayan. Soalnya suara masih saling ngejar," tandasnya.

Terpisah, Caleg DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DIY Sukamta juga tidak ingin berandai-andai. Dia memilih menunggu hasil perolehan suara untuk memastikan diri kembali terpilih sebagai anggota DPR RI. "Pengurus [PKS] masih melakukan perekapan. Kami [para Caleg] masih belum dikasih tahu suaranya," kata Sukamta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Erupsi Gunung Ruang, Bandara Sam Ratulangi Ditutup Sementara

News
| Kamis, 18 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement