Padusan, Pantai Butuh Saptosari Sepi Wisatawan

Suasana Pantai Butuh di Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari, Minggu (5/5/2019) - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono
05 Mei 2019 21:17 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Tradisi padusan yang digelar sehari menjelang Ramadan atau Minggu (5/5/2019) tak banyak berpengaruh terhadap angka kunjungan wisata di Pantai Butuh, Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari. Berdasar pantauan Harian Jogja, hanya ada beberapa wisatawan yang mandi di pantai. Beberapa wisatawan memilih duduk-duduk di pinggir pantai.

Salah seorang wisatawan asal Jakarta, Dimas Pradipta, 25, mengatakan ia datang bersama teman-temannya untuk mengunjungi beberapa objek wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul. Menurut dia, Pantai Butuh menjadi lokasi yang ia pilih karena belum banyak wisatawan yang berkunjung. "Saya tahu Pantai Butuh dari media sosial. Pantainya indah tetapi masih sepi," ujarnya kepada Harian Jogja, Minggu.

Dimas mengungkapkan, dia dan teman-temannya berniat berwisata sekaligus melaksanakan tradisi padusan menjelang Ramadan. "Kebetulan gelombang agak tinggi dan di kawasan pantai terdapat terdapat batu karang sehingga harus hati-hati," katanya.

Wisatawan asal Bantul, Lukman, 19, mengaku Pantai Butuh cukup bagus. Meski demikian keindahan pantai belum ditunjang dengan prasarana yang memadaui, khususnya jalan. Meskipun sudah diperkeras dengan cor semen, beberapa titik jalan masih rusak dan sempit. "Saya menemukan beberapa titik jalan yang rusak," ucap Lukman.

Menurut Lukman, kondisi jalan yang naik turun dan sempit membuat wisatawan harus hati-hati. Jalan menuju Pantai Butuh hanya bisa dilewati satu buah mobil. "Saya harus mengalah saat berpapasan dengan motor yang melintas dari arah berlawaan karena jalannya sempit," kata Lukman.