Advertisement

Padusan, Pantai Butuh Saptosari Sepi Wisatawan

Rahmat Jiwandono
Minggu, 05 Mei 2019 - 21:17 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Padusan, Pantai Butuh Saptosari Sepi Wisatawan Suasana Pantai Butuh di Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari, Minggu (5/5/2019) - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Tradisi padusan yang digelar sehari menjelang Ramadan atau Minggu (5/5/2019) tak banyak berpengaruh terhadap angka kunjungan wisata di Pantai Butuh, Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari. Berdasar pantauan Harian Jogja, hanya ada beberapa wisatawan yang mandi di pantai. Beberapa wisatawan memilih duduk-duduk di pinggir pantai.

Salah seorang wisatawan asal Jakarta, Dimas Pradipta, 25, mengatakan ia datang bersama teman-temannya untuk mengunjungi beberapa objek wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul. Menurut dia, Pantai Butuh menjadi lokasi yang ia pilih karena belum banyak wisatawan yang berkunjung. "Saya tahu Pantai Butuh dari media sosial. Pantainya indah tetapi masih sepi," ujarnya kepada Harian Jogja, Minggu.

Advertisement

Dimas mengungkapkan, dia dan teman-temannya berniat berwisata sekaligus melaksanakan tradisi padusan menjelang Ramadan. "Kebetulan gelombang agak tinggi dan di kawasan pantai terdapat terdapat batu karang sehingga harus hati-hati," katanya.

Wisatawan asal Bantul, Lukman, 19, mengaku Pantai Butuh cukup bagus. Meski demikian keindahan pantai belum ditunjang dengan prasarana yang memadaui, khususnya jalan. Meskipun sudah diperkeras dengan cor semen, beberapa titik jalan masih rusak dan sempit. "Saya menemukan beberapa titik jalan yang rusak," ucap Lukman.

Menurut Lukman, kondisi jalan yang naik turun dan sempit membuat wisatawan harus hati-hati. Jalan menuju Pantai Butuh hanya bisa dilewati satu buah mobil. "Saya harus mengalah saat berpapasan dengan motor yang melintas dari arah berlawaan karena jalannya sempit," kata Lukman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sempat Ditangkap, Jambret di Jaksel Kabur Pakai Mobil Patroli Polisi

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement