Polisi Garap Kring Serse Hadapi Libur Lebaran

Ilustrasi perampokan dan perampasan. - Harian Jogja
05 Juni 2019 20:17 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Untuk mengantisipasi terjadinya aksi kriminalitas saat libur lebaran, Polres Sleman menghidupkan kembali Kring Serse.

“Di tiap-tiap polsek di Sleman akan menyebar reserse yang akan berpatroli sesuai batas wilayah yang harus dijaga, misalnya dalam hitungan radius kilometer,” kata Kapolres Sleman, AKBP Rizky Ferdiansyah, Rabu (5/6/2019).

Dalam dua bulan terakhir, di Sleman kejahatan paling banyak terjadi adalah curat dan curanmor. Hal tersebut disebabkan karena banyak rumah atau kos-kosan mulai ditinggalkan oleh penghuninya untuk mudik.

Berdasarkan pemetaan yang dilakukan, ada delapan titik rawan kriminalitas di Sleman, yaitu meliputi Mlati, Depok Barat, Depok Timur, Godean, Gamping, Bulaksumur, Prambanan dan Kalasan. “Kawasan tersebut banyak dihuni mahasiswa dan banyak juga warga yang meninggalkan rumahnya dalam keadaan kosong untuk bepergian ke daerah lain,” ujar dia.

Selain itu, sebagai langkah antisipasi adanya pencurian, ia mengatakan, selama masa mudik ini, Polsek diwilayah Sleman, maupun Polres menerima penitipan motor bagi masyarakat yang ingin mudik. Masyarakat tinggal datang ke Polsek ataupun Polres dan penitipan tidak dipungut biaya.