Advertisement

41.100 Kendaraan Melintasi Wates Kulonprogo di Hari Kedua Lebaran

Hafit Yudi Suprobo
Kamis, 06 Juni 2019 - 22:57 WIB
Sunartono
41.100 Kendaraan Melintasi Wates Kulonprogo di Hari Kedua Lebaran Kendaraan melintas di jalur utama Wates, Kulonprogo, Kamis (6/6/2019). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo.

Advertisement

Harianjogja.com, WATES--Puluhan ribu kendaraan bermotor tercatat melintas di ruas jalur utama Jalan Jogja-Wates sejak Kamis (6/6/2019) pada lebaran hari kedua. Kendaraan dari arah timur menuju barat kini mulai mendominasi. Hal tersebut mengingat karena tanggal 10 Juni, khususnya aparatur sipil negara (ASN) sudah masuk kerja.

Petugas jaga Posko Pantau Lebaran Dishub Kulon Progo, Agus Supriyanto mengungkapkan bila saat ini diperkirakan sebagian pemudik mulai kembali ke tempat dimana mereka merantau. Hal tersebut dikarenakan sejumlah kendaraan dengan nomor polisi dari daerah barat, semisal Jakarta dan Bandung mulai melintas dari arah timur. "Trennya, sekarang kendaraan banyak dari arah timur menuju barat," kata Agus Agus, Kamis (6/6/2019).

Advertisement

Berdasarkan data yang diperoleh dari Posko Pantau Lebaran Dinas Perhubungan (Dishub) Kulon Progo, di Tambak, Desa Triharjo, Kecamatan Wates, 41.166 kendaraan melintas hingga pukul 16.00 WIB sore tadi. Mobil pribadi dan mobil barang mendominasi dengan jumlah mencapai 22.701 unit.

Sementara jumlah sepeda motor yang melintas di ruas jalur utama sebanyak 17.755 unit. Sedangkan bus antar kota antar provinsi (AKAP) sebanyak 606 unit dan bus antar kota dalam provinsi sebanyak 104 unit.

Selain banyaknya pemudik yang mulai kembali ke tempat rantau, sejumlah pemudik juga banyak yang menghabiskan waktu liburan mereka ke Pantai Glagah dan berkunjung ke rumah sanak kerabat.

Hal tersebut mengakibatkan volume kendaraan meningkat tajam ketimbang lebaran hari pertama. Saat lebaran hari pertama, tercatat 38.827 kendaraan melintas baik dari arah barat maupun timur.

Penumpukan volume kendaraan juga sempat terjadi di simpang tiga Brosot, Kecamatan Galur. Petugas terpaksa menerapkan rekayasa arus lalu-lintas belok kiri jalan terus bagi kendaraan dari arah Bantul atau timur.

Pihak Dishub Kulon Progo, lanjut Agus, memperkirakan puncak arus balik bakal terjadi pada H+2 atau pada 8 Juni mendatang. Pasalnya, masa libur lebaran tahun ini bakal berakhir pada 10 Juni mendatang.

"Para pemudik ini biasanya sudah memperkirakan waktu tempuhnya. Takut bila terjadi macet, karena PNS juga tanggal 10 sudah harus masuk," tutupnya.

Pengendara kendaraan mobil pribadi asal Jakarta, Ronny, 37, mengatakan ia memilih untuk pulang di hari kedua lebaran ini karena sudah harus masuk pada Senin, (10/6/2019).

Ia beralasan, karena sudah cukup berkunjung mengunjungi orang tuanya yang ada di Kota Jogja dan sudah merasa cukup liburan bersama keluarganya di objek wisata yang ada di DIY. "Karena saya juga tiap Minggu sering pulang makanya kita memutuskan untuk pulang lebih awal," tutup pria yang juga merupakan ASN di Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement