Advertisement

Puncak Arus Balik Telah Berlalu

Abdul Hamied Razak
Senin, 10 Juni 2019 - 10:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Puncak Arus Balik Telah Berlalu Kemacetan yang terjadi mulai dari Sungai Kalipentung, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Jumat (7/6/2019).-Harian Jogja - Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Puncak arus balik untuk wilayah DIY terjadi Sabtu (8/6/2019) dan Minggu (9/6/2019). Hingga Minggu malam kendaraan pemudik berbondong-bondong keluar dari wilayah DIY.

Dari pantauan Harian Jogja pada Minggu (9/6/2019), ruas jalan Solo-Jogja mulai dari Fly over Janti hingga pintu keluar perbatasan Prambanan Sleman dan Klaten masih dipadati kendaraan pemudik. Dibandingkan kendaraan yang masuk arah Jogja, volume kendaraan yang keluar cukup tinggi.

Advertisement

Sejumlah persimpangan mulai dari pertigaan Maguwoharjo, Bandara, Proliman Kalasan, hingga perbatasan Prambanan dijaga oleh sejumlah petugas. Kendaraan yang melaju ke arah Klaten lebih diprioritaskan untuk berjalan.

"Peningkatan volume kendaraan yang keluar dari DIY menuju wilayah Jawa Tengah sebenarnya terjadi sejak Jumat (7/6) lalu. Untuk puncak arus balik terjadi Sabtu dan Minggu. Sebab Senin (10/6/2019) sudah harus masuk kerja lagi," kata Kepala Dishub DIY Sigit Sapto Raharjo, Minggu (9/6/2019).

Dia menjelaskan, selama arus balik ini durasi lampu APILL diperpanjang untuk arus kendaraan yang keluar dari DIY. Hal itu Selian untuk memperlancar arus kendaraan yang keluar, juga untuk menghindari penumpukan kendaraan di sejumlah persimpangan. Diperkirakan jumlah kendaraan yang keluar pada puncak arus balik sekitar 80.000 kendaraan.

Hal senada disampaikan Papospam Prambanan Ipda Sukamta. Menurutnya, puncak arus balik untuk wilayah DIY terjadi pada Sabtu (9/6). Hal itu didasarkan pada pengamatan di lapangan sejak Jumat (7/6/2019) hingga Minggu (9/6/2019) terutama sejak sore hingga malam hari. Meskipun kepadatan sempat terpantau di kawasan Bogem, Tamanmartani, Kalasan namun arus kendaraan lancar.

"Paling banyak sebenarnya para wisatawan yang masuk, kemudian keluar dari DIY. Saat ini berangsur normal," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement