Advertisement

Dahsyatnya Gelombang Pantai Selatan, Sungai di Pantai Baron Jadi Dangkal

David Kurniawan
Rabu, 12 Juni 2019 - 20:17 WIB
Bhekti Suryani
Dahsyatnya Gelombang Pantai Selatan, Sungai di Pantai Baron Jadi Dangkal Kondisi terkini Pantai Baron yang aliran sungainya mengalami pendangkalan pasca gelombang tinggi yang terjadi Selasa (11/6/2019). Foto diambil Rabu (12/6/2019) - Ist/SAR Satlinmas Wilayah II DIY

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Gelombang tinggi yang menerjang kawasan pantai selatan Gunungkidul membuat aliran sungai bawah tanah Baron di Desa Kemadang, Tanjungsari menjadi dangkal. Sebelum disapu gelombang, kedalaman aliran mencapai 3-4 meter, namun sekarang hanya tinggal satu meter.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Marjono mengatakan, kenaikan gelombang air laut sudah terjadi sejak Senin (10/6/2019) malam dan berlangsung hingga sekarang. Namun demikian, dari sisi keamanan masih aman karena kenaikan terjadi pada saat air surut. “Memang ada empat kapal yang rusak, tapi kondisi masih aman,” katanya kepada wartawan, Rabu (12/6/2019).

Advertisement

Menurut dia, fenomena gelombang tinggi yang terjadi memberikan dampak yang positif. Pasalnya, gelombang yang datang menyapu sampah-sampah di kawasan pantai sehingga terlihat bersih. Selain itu, pasir yang terbawa air laut juga membuat aliran sungai Baron menjadi dangkal sehingga aman untuk dilalui pengunjung. “Di sisi barat memang masih ada yang dalam, tapi mayoritas aliran kedalammnya hanya satu meter sehingga aman dilalui,” kungkapnya.

Marjono menuturkan, kedalaman di aliran sungai bawah tanah Baron sempat menjadi masalah karena menjadi penyebab pengunjung tenggelam. Sejak awal tahun ini, sudah ada tiga pengujung yang tewas tenggelam pada saat akan menyeberang. “Kalau saat ini aman dilalui, tapi pengunjung harus tetap berhati-hati pada saat menyeberang,” katanya.

Menurut dia, dangkalnya aliran sungai dimanfaatkan wisatawan untuk bermain mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. “Kemungkinan besar pendangkalan di aliran sungai akan bertahan hingga musim hujan tiba,” tuturnya.

Lebih jauh dikatakan Marjono, dampak positif dari gelombang tinggi tidak hanya terjadi di Pantai Baron karena pantai-pantai lain juga mengalami hal yang sama. “Pantainya kelihatan bersih karena gelombang membawa sampah-sampah pergi menjauh,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement