Dahsyatnya Gelombang Pantai Selatan, Sungai di Pantai Baron Jadi Dangkal

Kondisi terkini Pantai Baron yang aliran sungainya mengalami pendangkalan pasca gelombang tinggi yang terjadi Selasa (11/6/2019). Foto diambil Rabu (12/6/2019) - Ist/SAR Satlinmas Wilayah II DIY
12 Juni 2019 20:17 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Gelombang tinggi yang menerjang kawasan pantai selatan Gunungkidul membuat aliran sungai bawah tanah Baron di Desa Kemadang, Tanjungsari menjadi dangkal. Sebelum disapu gelombang, kedalaman aliran mencapai 3-4 meter, namun sekarang hanya tinggal satu meter.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Marjono mengatakan, kenaikan gelombang air laut sudah terjadi sejak Senin (10/6/2019) malam dan berlangsung hingga sekarang. Namun demikian, dari sisi keamanan masih aman karena kenaikan terjadi pada saat air surut. “Memang ada empat kapal yang rusak, tapi kondisi masih aman,” katanya kepada wartawan, Rabu (12/6/2019).

Menurut dia, fenomena gelombang tinggi yang terjadi memberikan dampak yang positif. Pasalnya, gelombang yang datang menyapu sampah-sampah di kawasan pantai sehingga terlihat bersih. Selain itu, pasir yang terbawa air laut juga membuat aliran sungai Baron menjadi dangkal sehingga aman untuk dilalui pengunjung. “Di sisi barat memang masih ada yang dalam, tapi mayoritas aliran kedalammnya hanya satu meter sehingga aman dilalui,” kungkapnya.

Marjono menuturkan, kedalaman di aliran sungai bawah tanah Baron sempat menjadi masalah karena menjadi penyebab pengunjung tenggelam. Sejak awal tahun ini, sudah ada tiga pengujung yang tewas tenggelam pada saat akan menyeberang. “Kalau saat ini aman dilalui, tapi pengunjung harus tetap berhati-hati pada saat menyeberang,” katanya.

Menurut dia, dangkalnya aliran sungai dimanfaatkan wisatawan untuk bermain mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. “Kemungkinan besar pendangkalan di aliran sungai akan bertahan hingga musim hujan tiba,” tuturnya.

Lebih jauh dikatakan Marjono, dampak positif dari gelombang tinggi tidak hanya terjadi di Pantai Baron karena pantai-pantai lain juga mengalami hal yang sama. “Pantainya kelihatan bersih karena gelombang membawa sampah-sampah pergi menjauh,” katanya.