Pasty Akan Disulap Jadi Pusat Keramaian, Pedagang Ikan Menyambut Positif

Sejumlah pekerja mengerjakan renovasi Pasty untuk buka malam pada Agustus mendatang, Selasa (2/7/2019). - Harian Jogja/Lugas Subarkah.
05 Juli 2019 06:17 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja merencanakan akan membuka Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (Pasty) sisi barat sampai malam. Di sana akan diisi berbagai jajanan kuliner kekinian dan event reguler.

Pasar yang berlokasi di Kelurahan Gedongkiwo, Kecamatan Mantrijeron ini akan disulap menjadi titik keramaian dan pengembangan ekonomi Kota Jogja bagian selatan.

Sejumlah pedagang menyambut positif rencana ini. Salah satunya Ismoyo, pedagang ikan. Kepada Harian Jogja, Selasa (2/7/2019), Ia mengingkapkan telah berjualan ikan hias di Pasty sejak pasar itu pertama kali dibuka, sekitar tujuh tahun lalu.

Beberapa ikan koleksinya seperti koi, arwana, discus, ikan sumatera dan ikan hias lainnya. Menurutnya, pemebeli justru banyak yang datang pada waktu sore, menjelang pasar tutup. "Jam 5 itu malah banyak yang datang, jadi dilema juga mau tutup," katanya.

Sebab itu ia mendukung jika memang Pasty akan buka sampai malam. Hanya saja beberapa fasilitas mesti ditambahkan seperti penerangan dan keamanan. "Kalau sampai malam konsekwensi trantib juga harus bisa difasilitasi," ujarnya.

Pedagang lainnya, Ali, mengaku siap jika membuka kiosnya sampai malam, mengikuti jadwal Pasty. Ali menjual berbagai macam pernak-pernik aksesoris ikan hias seperti akuarium, pakan ikan, filter, lampu akuarium dan lainnya.

Ia telah berjualan aksesoris akuarium sejak 22 tahun yang lalu, saat pasar hewan masih bertempat di ngasem.  Menurutnya, rencana buka sampai malam sangat bagus, tapi fasilitas penerangan dan keamanan masih perlu ditambahkan.

Ia mengatakan jika malam hari daerah Pasty terlihat sangat gelap. Lampu hanya menyala di beberapa titik, sehingga tidak bisa menarik perhatian pengunjung. "Kalau fasilitas sudah mendukung ya kami siap," ujarnya.

Kepala UPT Pasty, Bakoh Tupon Langkir Hadi, mengatakan saat ini Pasty sudah dalam proses mempersiapkan sarana-prasarana seperti lampu, pengeras suara, bangku dan panggung. Ia menargetkan pertengahan Juli 2019 semuanya sudah selesai. "Agustus kemungkinan sudah bisa dilaunching," kata dia.