Advertisement

Semua Gedung Pemkab Bantul Bakal Kantongi IMB Tahun Ini

Ujang Hasanudin
Senin, 08 Juli 2019 - 22:12 WIB
Budi Cahyana
Semua Gedung Pemkab Bantul Bakal Kantongi IMB Tahun Ini Gedung Induk Kompleks Parasamya, Pemkab Bantul. - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemkab Bantul menjamin semua bangunan kantor, gedung, dan fasilitas publik milik Pemkab sudah memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) tahun ini.

Garansi itu dikatakan Wakil Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih menyusul rekomendasi yang disampaikan DPRD Bantul dalam Rapat Paripurna Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan Anggaran APBD 2018, Senin (8/7/2019).

Advertisement

Dalam rapat paripurna tersebut Dewan menilai draf Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan Anggaran 2018 sudah tidak bermasalah atau sesuai aturan. Dalam penggunaan anggaran tahun lalu total pendapatan yang terealisasi mencapai Rp2,27 triliun, sementara realisasi belanja Rp2,1 triliun, realisasi pembiayaan Rp39 miliar dan sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) Rp279 miliar.

Namun demikian Dewan menilai masih ada sejumlah persoalan yang sampai sekarang belum terselesaikan oleh Pemkab, di antaranya adalah bangunan pemerintah yang belum memiliki legalitas.

“IMB gedung pemerintah perlu diselesaikan dan kami berharap secepatnya sudah memiliki IMB,” kata Jumakir, salah satu anggota Badan Anggaran DPRD Bantul saat membacakan rekomendasi saat rapat paripurna.

Wakil Bupati Halim mengatakan segera menindaklanjuti rekomendasi Dewan tersebut. Soal gedung dan fasilitas pemerintah yang belum memiliki IMB, Halim mengatakan saat ini tengah diproses oleh organisasi perangkat daerah terkait dan ditargetkan selesai secepatnya.

“Kami sedang menyelesaikan IMB seluruh gedung pemerintah. Pasti selesai. Semua gedung pemerintah bisa selesai tahun ini memiliki IMB,” tegas Halim.

Halim mengaku tidak hafal berapa jumlah bangunan gedung dan fasilitas Pemkab yang belum dilengkapi IMB. Ia juga tidak mengetahui alasan bangunan tersebut dibangun tanpa melengkapi legalitas terlebih dahulu.

Namun demikian pihaknya sudah meminta OPD terkait segera menyelesaikan maksimal akhir tahun ini. Salah satu gedung yang belum memiliki IMB tersebut adalah sebagian kantor di kompleks Parasamya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement