Advertisement

Kemendikbud: Kebudayaan Daerah di Tangan Pemda

Newswire
Senin, 15 Juli 2019 - 13:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kemendikbud: Kebudayaan Daerah di Tangan Pemda Pentas tari yang ditampilkan saat Merti Kali sekaligus grand opening destinasi DTrukan Park View, Sabtu (8/6/2019). - Istimewa/Dokumen Dinpar DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nadjamuddin Ramly mengatakan sesuai amanat UU No.5/2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, kebudayaan daerah menjadi tanggung jawab pemerintah daerah (Pemda).

"Para kepala daerah yang ada di seluruh Tanah Air bahwa kebudayaan ini harus menghidupkan seluruh dimensi kerakyatan. Salah satu bentuk tanggung jawab pemerintah daerah adalah mengalokasikan APBD untuk kegiatan kebudayaan," kata dia di Jogja, Senin (15/7/2019).

Advertisement

Saat ini, belum banyak daerah yang mengalokasikan APBD-nya untuk program kebudayaan, tapi perlahan-lahan sudah banyak daerah yang mengalokasikan APBD-nya untuk pemajuan kebudayaan seperti Jogja, Palu, Bali dan beberapa daerah lainnya.

Untuk memajukan kebudayaan lokal pemerintah daerah juga sudah diminta menyumbangkan pokok-pokok pikiran kebudayaannya dan hal itu telah dirangkum menjadi Strategi Kebudayaan Indonesia.

Strategi Kebudayaan Indonesia akan menjadi peta jalan untuk membangun Indonesia yang berlandaskan kepada kebudayaan lokal.

Nadjamuddin mengatakan dengan adanya Strategi Kebudayaan Indonesia maka kebudayaan akan dibangun dari bawah.

"Tidak seperti dulu yang arah pembangunannya dari atas sekarang harus dari bawah supaya menyerap aspirasi dari seluruh warga masyarakat," kata dia.

Saat ini penggiat dan penggiat kebudayaan menjadi sumber investasi, semua elemen dari tingkat Kabupaten/Kota harus memperlihatkan kreasinya. Lebih jauh lagi, kreasi teraebut diharapkan menjadi sumber pendapatan bagi warganya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement