Anggota DPRD Sleman Ditetapkan, Petahanan Masih Dominan

Gedung DPRD Sleman - Harian Jogja/Dok
22 Juli 2019 23:57 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Petahana masih mendominasi kursi DPRD Sleman. Dari 50 kursi, 30 didapatkan oleh incumbent, sedangkan 20 kursi lainnya didapatkan oleh pendatang baru.

Berdasarkan hasil perhitungan suara, PDIP memperoleh suara terbanyak dan menambah kursi di DPRD Sleman dari raihan 12 kursi pada pemilu 2014 lalu.

Sementara penurunan kursi di DPRD Sleman dirasakan oleh partai Gerindra, pada 2014 lalu, Gerindra berhasil meraih tujuh kursi di DPRD Sleman, namun pada tahun ini, jumlah tersebut turun menjadi enam kursi. PAN yang pada pemilu 2014 lalu mendapatkan enam kursi, pada tahun ini juga mendapatkan enam kursi.

Selain tiga partai di atas, PKS juga mendapatkan enam kursi pada pemilu tahun ini, jumlah yang sama seperti raihan pada 2014 lalu.

PKB yang pada 2014 lalu mendapatkan lima kursi, pada tahun ini mendapatkan enam kursi. Golkar yang pada 2014 lalu mendapatkan empat kursi, mendapatkan lima kursi pada tahun ini. Adapun penurunan dirasakan oleh PPP yang pada 2014 lalu mendapatkan empat kursi, pada tahun ini mendapatkan tiga kursi, dan Partai Demokrat yang 2014 lalu mendapatakan satu kursi, tahun ini tidak mendapatkan kursi.

Ketua KPU Sleman Trapsi Haryadi mengatakan setelah penetapan perolehan kursi dan penetapan calon legislatif terpilih, KPU Sleman akan melakukan pengusulan pengucapan sumpah janji anggota DPRD terpilih.

“Pelantikan diagendakan oleh Sekretaris Dewan pada 12 Agustus,” ujar dia, Senin (22/7/2019).