Ribuan Pelari Ikuti Lomba Baron 10K

Ribuan peserta mengikuti lomba lari bertajuk Baron 10K 2019 di kawasan Pantai Baron, Gunungkidul, Minggu pagi (8/9/2019). - Harian Jogja/Anton Wahyu Prihartono
08 September 2019 07:49 WIB Anton Wahyu Prihartono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Ribuan peserta mengikuti lomba lari bertajuk Baron 10K 2019 di kawasan Pantai Baron, Gunungkidul, Minggu pagi (8/9/2019).

Peserta dilepas langsung oleh Bupati Gunungkidul Badingah. Menurut Bupati, event ini merupakan event tahunan dalam rangka mencetak atlet lari Gunungkidul dan sekaligus untuk memperkenalkan pariwisata Gunungkidul. “Acara ini sangat penting untuk pembibitan atlet. Di samping itu, ini juga bisa mendorong pengembangan pariwisata di Gunungkidul dan bisa mendukung lama tinggal wisatawan,” ujar Badingah.

Gelaran lari ini disupport oleh Badan Otorita Borobudur (BOB). Direktur Utama BOB Indah Juanita mendukung acara ini karena lomba lari ini juga menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengembangkan pariwisata. “Ini menjadi perhatian kami. Cara mempromosikan wisata salah satunya dengan melibatkan atlet. Maka dari itu, ke depan sport tourism harus digalakkan lagi,” ujar Indah.

Selain diikuti ribuan atlet dari Gunungkidul, lomba ini juga diikuti atlet dari luar daerah seperti Jogja, Solo, Magelang, dan daerah lain. Lomba dimulai sekitar pukul 06.30 WIB. Setelah peserta mencapai garis finish, mereka dihibur dengan kesenian Gunungkidul dan acara menarik lainnya.

Salah satu pesera Hermawan mengaku sudah mempersiapkan untuk mengikuti acara ini. Bahkan, dia sudah tiga kali mengikuti Baron 10K ini. “Tiga tahun lalu saya juara pertama, tapi pada tahun ini saya tidak dapat nomor. Mungkin cuma belasan aja,” ujar pelari dari Salatiga ini.

Pada gelaran Baron 10K 2019 ini total diikuti sebanyak 3.100 pelari dari berbagai kota di Indonesia.