Advertisement

Edukasi soal Hukum, Ini yang dilakukan Kanwil Kemenkum HAM DIY

Lugas Subarkah
Rabu, 25 September 2019 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Edukasi soal Hukum, Ini yang dilakukan Kanwil Kemenkum HAM DIY Kepala Kanwil Kemenkumham DIY, Krismono memukul gong tanda dibukanya Lomba Ladarkum DIY, Rabu (25/9). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebagai upaya edukasi dan sosialisasi hukum kepada masyarakat, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DIY menggelar Lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) Tingkat Provinsi yang bertempat di Gedung Pamungkas, Kotabaru, Jogja, Rabu (25/9/2019).

Kepala Kanwil Kemenkumham DIY, Krismono, menjelaskan Lomba Kadarkum sebelumnya telah dilaksanakan di kabupaten/kota, sehingga peserta di tingkat provinsi tersebut merupakan mereka yang juara di tingkat kabupaten dan kota.

Advertisement

Peserta terdiri dari 25 orang yang terbagi dalam lima kelompok, mewakili empat kabupaten dan satu kota di DIY. "Hasil dari lomba ini siapa pun pemenangnya akan mewakili DIY untuk mengikuti Lomba Kadarkim Tingkat Nasional," ujarnya.

Lomba tersebut, kata dia, penting bagi masyarakat sebab tujuannya tak lain agar masyarakat memahami, sadar dan taat hukum. "Saya melihat antusiasmenya luar biasa dari peserta," katanya.

Peserta terdiri dari masyarakat umum, mulai dari pelajar, ibu-ibu dan bapak-bapak. Selama sekitar empat bulan, sebanyak 29 penyuluh telah ditugaskan di lima kabupaten dan kota untuk mendampingi peserta menyiapkan materi hingga yel yang perlu ditampilkan dalam lomba.

Adapun materi yang dilombakan terdiri dari beberapa poin undang-undang, di antaranya UU Lalulintas, UU Narkotika, Tindak Pidana Perdagangan Orang, dan Sistem Peradilan Pidana Anak. "Peserta diinstruksikan untuk mampu menyampaikan secara runtut dan memahami isi materi," katanya.

Ia berharap dengan lomba ini peserta secara khusus dan masyarakat secara umum benar-benar tahu dan sadsr hukim. "Mereka memahami undang-undang dan aturan yang sekarang berlaku," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement