Dispar Gunungkidul Gelar Festival Jajanan Pasar dan Dolanan Anak

Ilustrasi dolanan anak
15 Oktober 2019 22:47 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul menggelar Festival Jajanan Pasar dan Dolanan Anak di Rest Area Bunder, Kecamatan Patuk, Minggu (27/10/2019). Kegiatan ini diselenggarakan untuk mendukung pengembangan potensi wisata di Bumi Handayani.

Ketua panitia acara, Edo Sunardiono, mengatakan Gunungkidul memiliki banyak potensi di bidang kuliner yang wajib untuk dipromosikan. Dari sisi dolanan, banyak peninggalan yang harus dilestarikan karena keberadaannya kalah dengan perkembangan permainan berbasis teknologi. “Di festival ini ada lomba kuliner dan permainan anak. Setiap kecamatan wajib mengirimkan wakilnya di setiap lomba,” kata Eko dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Selasa (15/10/2019).

Menurut dia, tujuan festival selain sebagai upaya pelestarian juga untuk mengidentifikasi potensi kuliner maupun dolanan anak di masyarakat. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat sebagai sarana promosi yang bisa meningkatkan kunjungan wisatawan di Gunungkidul.

Kabid Pemasaran dan Bina Usaha Dinpar Gunungkidul, Yuni Hartini, mengatakan jajarannya berkomitmen mempromosikan pariwisata di Bumi Handayani, termasuk mendukung kegiatan seperti festival jajanan pasar dan dolanan anak. “Ini juga sebagai bentuk pengenalan potensi yang bisa mendukung pengembangan destinas wisata,” katanya.