Advertisement

Sebut Tidak Beradab, Kekesalan Sultan Jogja kepada Suporter PSIM

Hafit Yudi Suprobo
Selasa, 22 Oktober 2019 - 17:12 WIB
Bhekti Suryani
Sebut Tidak Beradab, Kekesalan Sultan Jogja kepada Suporter PSIM Sri Sultan hamengku Buwono X-Gubernur DI.Yogyakarta. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-- Gubernur DIY sekaligus raja Kraton Jogja Sri Sultan HB X mengaku prihatin atas aksi kekerasan dan perusakan terhadap aset negara pasca-pertandingan penuh gengsi Derbi Mataram antara PSIM Jogja dan Persis Solo di Stadion Mandala Krida, Senin (21/10/2019) lalu.

"Saya enggak ngerti kenapa mereka [suporter] melakukannya, alasannya tidak jelas para pendukung PSIM itu harus melakukan kekerasan dan perusakan terhadap aset-aset negara," ujar Sri Sultan HB X saat memberikan Orasi Ilmiah di Sekolah Tinggi Multi Media, Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Selasa (22/10/2019).

Advertisement

Sultan mempertanyakan kepada para pendukung sepak bola di Mandala Krida yang seketika menjadi orang yang beringas. "Katanya Jogja ini orangnya berbudi luhur, katanya orang nya sopan tapi kenapa harus melakukan tindak kekerasan semacam itu," ungkapnya. 

Penonton, kata Sultan, yang hakekatnya adalah warga Jogja justru malah berperilaku brutal dan tidak beradab tanpa ada alasan yang jelas. "Kalau seperti ini bukan bola yang kita lihat tapi pertunjukan kekerasan, mending enggak usaha ada sepak bola aja di Jogja, karena akan membangun orang orang yang tidak beradab," tuturnya.

Sultan berharap kepada warga masyarakat untuk berperilaku baik dan sopan dan tidak emosional. "Karena Jogja ini banyak disebut sebagai tempatnya orang orang yang beradab," tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aniaya Wartawan, Danlanal Ternate Copot Komandan Pos Lanal Hasel

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement