Tiga Dusun di Purwomartani Resmi Punya Pemimpin Baru

Kepala Desa Purwomartani Semiono (kiri) melantik tiga orang kepala dusun di Balai Desa Purwomartani, Rabu (20/11/2019). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak
20 November 2019 15:07 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebanyak tiga kepala dusun di wilayah Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, resmi dilantik, Rabu (20/11/2019). Pelantikan yang dilakukan langsung oleh Kepala Desa Purwomartani Semiono di Balai Desa Purwomartani tesebut, tersebut dihadiri pula oleh Camat Kalasan Siti Anggraeni Susila Prapti, Kapolsek Kalasan Kompol Imam Santoso seluruh perangkat desa, para dukuh dan pejabat desa lainnya.

Kepala Desa Purwomartani Semiono menjelaskan ketiga kepala dusun yang dilantik, masing-masing adalah Kepala Dusun Kadirojo II Petrus Budi Santosa; Kepala Dusun Karangmojo Andy Rakhmat Santoso; dan Kepala Dusun Cupuwatu II Kuncoro Eko Wibowo.

Dia mengingatkan kepada para kepala dusun yang dilantik untuk tidak jemawa. Menurut Semiono, menjadi perangkat desa atau dukuh bukan berarti menjadi kumpulan masyarakat elite tetapi menjadi pelayanan masyarakat.

Dia juga meminta agar para dukuh bisa menjawab tantangan ke depan dengan kinerja yang nakk. "Apa yang dilakukan nanti akan menjadi cermin di masyarakat. Buktikan kalian sebagai pelayanan masyarakat. Menjadi dukuh akan menjadi pusat berkeluh kesah masyarakat. Ini tanggungjawab sebagai perangkat desa," katanya.

Camat Kalasan Siti Anggraeni Susila Prapti mengatakan seorang kepala dusun tak cukup hanya dipilih masyarakat, namun juga harus mampu melampaui tes terlebih dulu. “Artinya tidak hanya dipilih dan dipercaya oleh masyarakat tetapi juga harus mempunyai keahlian managerial dengan tupoksinya selama 24 jam," katanya.

Dia meminta agar menjadi dukuh tidak boleh melakukan diskriminasi pelayanan. "Siapapun yang datang harus dilayani asalkan sesuai undang-undang yang berlaku," kata Anggraeni.