Rest Area Tol Solo-Jogja-Bawen Memungkinkan Dibangun di Kota Jogja

Ilustrasi pintu tol - JIBI/Bisnis Indonesia/Arief Hermawan P
25 November 2019 17:27 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY masih membahas konsep rest area di luar tol yang akan dibangun di sekitar exit toll Jogja-Solo. Rest area bisa dibangun di Sleman atau bahkan Kota Jogja.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Jogja-Solo dan Jogja-Bawen menyerahkan pembangunan itu kepada pemerintah daerah.

Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan rest area yang berada di luar tol kemungkinan dibangun menggunakan dua skema: oleh Pemda DIY atau investor secara bersama-sama. Jika dibangun oleh pemerintah, Pemda DIY harus menyediakan lahan melalui pembebasan. Sebaliknya, jika dibangun investor, masyarakat sendiri yang harus menyediakan lahannya.

Namun Aji belum dapat menjelaskan secara detail konsep keterlibatan masyarakat dalam membangun rest area tersebut.

“Kami masih berembuk dengan teman-teman [pemerintah] kabupaten dan kota, terutama Sleman. Kota Jogja juga memungkinkan. Kami belum punya keputusan untuk pembangunan, tetapi intinya pemda ingin akan memberi nilai tambah kepada masyarakat terhadap pintu exit,” katanya, Senin (25/11/2019).

Aji mengatakan, keterlibatan investor dalam pembangunan rest area di luar tol tersebut masih memungkinkan meski tidak secara penuh dan harus melalui berbagai kesepakatan. Pemda DIY tak ingin ketika pembangunan diserahkan kepada investor, sejumlah pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tidak kuat menyewa lokasi berjualan.

“Harapannya tidak sepenuhnya diserahkan ke investor, kalau toh ada [keterlibatan investor], harus bekerja sama dengan koperasi, UMKM yang ada di DIY. [Kalau semu diserahkan investor] UMKM kita tidak kuat, yang kuat hanya pengusaha besar,” katanya.