Advertisement

Desa Wisata Harus Memiliki Ciri Khas

Muhammad Nadhir Attamimi
Minggu, 01 Desember 2019 - 22:02 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Desa Wisata Harus Memiliki Ciri Khas Panorama dari atas bukit Gunung Api Purba Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul. - IG @Jperangin

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Anggota Komisi D DPRD Gunungkidul, Eko Rustanto, meminta desa wisata yang ada di Bumi Handayani lebih menonjolkan ciri khas yang dimiliki. Sebab, hal itu mampu menggaet lebih banyak lagi wisatawan yang berimbas pada peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

"Kalau wisata tanpa ciri khas, wisatawan enggan datang, sehingga target retribusi Rp40 miliar sulit dicapai," kata Eko saat ditemui Harian Jogja, Minggu (1/12/2019).

Advertisement

Menurutnya, pariwisata yang ada di Gunungkidul saat ini monoton. Semua perkembangan wisata hanya menyasar wisata pantai. Alhasil, ekonomi juga hanya bergerak di wilayah selatan saja.

Menurutnya, butuh sinergitas pemerintah dan para pelaku wisata untuk membuat terobosan baru di wilayah lainnya, satu di antaranya merintis atau meningkatkan objek pariwisata yang memiliki ciri khas tertentu. "Ini peran pemerintah menetapkan desa di Gunungkidul yang berpotensi sebagai desa wisata dengan keunikan dan khasnya tersendiri, tentunya masing-masing desa memiliki perbedaan," ujarnya. Saat ini Dewan bersama Pemkab fokus mengembangkan dan menciptakan objek wisata yang memiliki keunikan di wilayah utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement