Advertisement

Libur Akhir Tahun, 500.000 Orang Ditarget Kunjungi Objek Wisata di Bantul

Ujang Hasanudin
Sabtu, 07 Desember 2019 - 07:47 WIB
Arief Junianto
Libur Akhir Tahun, 500.000 Orang Ditarget Kunjungi Objek Wisata di Bantul TPR Induk Pantai Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul. - Harian Jogja/Arief Junianto

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sebanyak 500.000 wisatawan ditarget berkunjung ke sejumlah objek wisata di Bantul selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo mengatakan target tersebut dihitung dari jumlah pengunjung di destinasi wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul dan destinasi wisata yang dikelola masyarakat.

Advertisement

Dari objek wisata beretribusi atau yang dikelola Pemkab Bantul, kata dia, jumlah wisatawan ditarget mencapai kisaran 220.000-250.000 pengunjung. Beberapa objek wisata beretribusi yang menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Bantul, di antaranya adalah Pantai Parangtritis, Pantai Samas, Gua Cemara, Pantai Pandansimo, Pantai Kuwaru, Gua Selarong, dan Gua Cerme.

Kwintarto optimistis objek wisata yang dikelola masyarakat juga bakal mengalami lonjakan pengunjung, termasuk di objek wisata yang baru bermunculan sejak dua tahun terakhir seperti di Piyungan dan Pleret. Dinasnya juga akan menyiapkan berbagai atraksi sajian untuk wisatawan selama Natal dan Tahun Baru ini.

Soal bentuk atraksinya, imbuh dia, hingga kini masih dipersiapkan dan akan disampaikan dalam rapat koordinasi lintas organisasi perangkat daerah (OPD) dalam rangka persiapan Nataru. “Di [Pantai] Parangtritis dua atraksi yang dipersiapkan masyarakat, dan dari kami juga ada,” ujar Kwintarto, Jumat (6/12/2019).

Dia juga berharap kepada semua pelaku wisata dan pelaku usaha di sejumlah destinasi wisata bisa menyambut wisatawan dengan baik, tidak melakukan tindakan-tindakan yang dapat mengecewakan wisatawan, seperti menaikkan harga terlalu tinggi.

Pengelola Wisata Bukit Sosok, Kecamatan Pleret, Rudi Haryanto mengaku sudah menyiapkan sarana dan prasarana serta hiburan untuk menyambut wisatawan pada momen Nataru. “Khusus malam Tahun Baru akan ada live musik dan pesta kembang api,” kata dia.

Saat ini pihaknya juga tengah menyelesaikan berbagai fasilitas di objek wisata yang berlokasi di Bawuran, Pleret tersebut di antaranya pelebaran tempat parkir, pemasangan plang, perbaikan jalan, penambahan pendopo, penambahan penerangan jalan, serta penambahan toilet. “Kalau jumlah toilet yang ada di Bukit Sosok sekarang baru ada delapan,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement