Sultan Minta Warga DIY Waspada 11-15 Januari, Ada Apa?

Sri Sultan hamengku Buwono X-Gubernur DI.Yogyakarta. - Harian Jogja/Desi Suryanto
07 Januari 2020 17:37 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan hujan deras dan angin kencang di wilayah DIY.

Sultan mengatakan masyarakat diimbau untuk mewaspadai kemungkinan adanya hujan deras dan angin kencang sesuai rekomendasi dari BMKG. Selain itu Sultan tak mengkhawatirkan terkait kemungkinan adanya banjir karena sungai di Kota Jogja tergolong dalam.

"Sini [Jogja] sungainya dalam-dalam, ya kita antisipasi saja dari BMKG [tanggal] 11 Januari sampai 15 Januari kemungkinan di Jogja hujan deras dan angin yang cukup kencang. Semoga sudah pada dipotong," ungkapnya di Kepatihan, Selasa (7/1/2020).

Ia menambahkan BPBD DIY, Kabupaten dan Kota sudah menyatakan kesiapan untuk berbagai antisipasi. Selain itu banyak desa yang sudah diberikan training terkait tanggap bencana. "BPBD DIY kabupaten dan kota sudah siap, semoga enggak ada [bencana], kalau masyarakatnya di desa-desa mereka semua sudah punya training tanggap bencana," katanya.

Meski berbagai hal baik logistik maupun dana sudah disiapkan, namun Sultan berharap DIY tidak terjadi bencana. "Masalah dana kabupaten dan kota kan sudah punya dana setiap saat bisa keluar, tetapi semoga saja tidak keluar berarti kan tidak ada bencana," katanya.