Jadwal Tes Seleksi CPNS Tunggu Informasi dari Pusat

Ilustari pendafataran CPNS online. - menpan.go.id
16 Januari 2020 20:47 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Gunungkidul belum bisa memastikan kapan waktu pelaksanaan tes calon pegawai negeri sipil (CPNS). Pasalnya, hingga saat ini belum ada informasi resmi dari Pemerintah Pusat terkait dengan jadwal pelaksanaan tes.

Kepala Bidang Formasi Pengembangan Data Pegawai BKPP Gunungkidul, Reny Linawati, mengatakan jajarannya masih menunggu informasi terkait dengan waktu tes CPNS yang pendaftarannya dibuka di 2019. Menurut dia, kepastian tanggal belum ada karena baru sebatas kabar bahwa tes dilaksanakan akhir Januari atau Februari 2020. “Kami masih menunggu tanggal pastinya dan hingga sekarang belum ada informasi resmi,” katanya kepada wartawan, Kamis (16/1/2020).

Dia berharap kepada peserta yang lolos seleksi administrasi untuk bersabar. Reny menjelaskan seleksi CPNS sama seperti penyelenggaraan tahun sebelumnya. Untuk dapat diterima, para peserta harus melalui dua kali tes, yakni seleksi kemampuan dasar dan seleksi kemampuan bidang. “Tes kemampuan dasar dulu yang dilaksanakan. Apabila lolos maka peserta wajib mengikuti seleksi kemampuan bidang sesuai dengan formasi yang dipilih,” katanya.

Saat pendaftaran CPNS ada 3.250 pendaftar. Meski demikian, tidak semua pelamar menyerahkan berkas karena dari jumlah itu yang melengkapi hanya 2.904 pendaftar. “Setelah kami teliti terhadp berkas yang dikirimkan ada 2.688 pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi dan berhak ikut tes kemampuan dasar,” katanya.