Pemda DIY Tegaskan Trase Tol Jogja Sudah Final

Ilustrasi jalan tol. - JIBI/M. Ferri Setiawan
21 Januari 2020 22:57 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Terkait dengan pembangunan tol Jogja yang akan lewat selokan Mataram, Sekda DIY Baskara Aji menegaskan keputusan terkait trase atau jalur tol tersebut sudah final.

Jika di pertengahan proses ini ada persoalan berkaitan dengan kepentingan umum tentu masih bisa didiskusikan, tetapi tidak akan mengubah rencana induk yang sudah final.

“Kalau keputusan tentang tol mau lewat di mana kan sudah kami pastikan, sudah final, kalau kemudian di pertengahan ada hal yang perlu kita sikapi karena kepentingan tertentu, seperti kepentingan umum, bisa kita rekayasa tetapi tidak boleh mengubah rencana induk yang sudah kita buat,” katanya.

Termasuk trase yang kemungkinan akan melewati selokan Mataram hal itu sudah melalui pertimbangan.

Namun bisa didiskusikan selama tidak memindahkan trase. “[Terkait selokan Mataram] Kalau misalnya kaitan dengan perubahan fungsi, nanti kita rembug bersama tetapi, jalur itu sudah itu yang akan dipakai, masak kene ra entuk dienggokke kono [sini tidak boleh dibelokkan ke sana], kan enggak mungkin, jadi [trase] itu sudah final,” ucapnya.

Aji mencontohkan perubahan desain di trase Monjali dari melayang menjadi di darat masih bisa dilakukan, tetapi tidak sampai mengubah lokasi.

“Tetapi kalau kemudian ada perubahan seperti Monjali itu awalnya melayang [lalu] diturunkan bisa dilakukan tetapi kan tidak berubah dari situ, tetap lokasinya di situ. Sudah disosialisasikan juga berkaitan dengan pembebasan tanahnya,” ujarnya.