Laskar Arafat Bantul Komitmen Jaga Pelaksanaan Pilkada

Laskar Arafat Bantul berkomitmen untuk ikut menyukseskan gelaran Pilkada Bantul yang digelar September mendatang. - Ist
21 Februari 2020 10:57 WIB Abdul Hamied Razak Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Laskar Arafat Bantul berharap agar pelaksanaan Pilkada 2020 di Bantul berjalan aman dan lancar. Mereka juga berkomitmen untuk ikut menyukseskan gelaran Pilkada Bantul yang digelar September 2020 mendatang.

Komitmen tersebut diwujudkan dalam deklarasi oleh para anggota Laskar Arafat Bantul. Dalam deklarasinya, mereka menyatakan siap ikut menyukseskan pelaksanaan Pilkada. Mereka juga menolak segala bentuk kekerasan dan isu SARA di Pilkada serta menjaga persatuan dan kesatuan walau berbeda pilihan.

Ketua Laskar Arafat Bantul Edi Haryanto mengatakan anggota laskar berkomitmen untuk menjadikan Pilkada Bantul sebagai pemersatu segala perbedaan. Deklarasi digelar merupakan keinginan Laskar Arafat untuk menjaga kondusifitas pelaksanaan Pilkada. "Bersama-sama kami ingin mewujudkan pilkada damai dan tidak ada gesekan meski beda pilihan," katanya melalui rilis yang diterima Harian Jogja, Jumat (21/2/2020).

Edi mengatakan, ia akan menyosialisasikan komitmen tersebut ke seluruh anggota laskar di berbagai wilayah Bantul. Sebab sebelumnya ada kerawanan yang melibatkan anggotanya. Tapi insiden tersebut sudah diselesaikan. "Deklarasi ini bentuk komitmen kami agar tidak ada keributan lagi di Bantul selama Pilkada nanti," tegasnya.

Dia juga mengimbau, kepada anggotanya maupun siapa saja untuk bisa menghormati perbedaan pilihan selama Pilkada nanti. Laskar Arafat, lanjut dia, akan berkoordinasi dengan aparat keamanan. "Koordinasi selama ini sudah terus kami lakukan dan akan ditingkatkan," jelasnya.

Terkait dengan calon bupati dan wakil bupati, Edi mengatakan, sampai saat ini sudah ada beberapa yang menjalin silaturahim. Tapi untuk pilihan sendiri, Edi mengaku belum menentukan. Mereka menunggu hasil kesepakatan di tingkat partai. "Kami menunggu saja, sekarang belum menentukan. Yang jelas nanti kami akan mendukung salah satu calon," katanya.