Advertisement

17 Desa di Gunungkidul Peroleh Bantuan Pamsimas Rp5,7 miliar

David Kurniawan
Selasa, 25 Februari 2020 - 22:07 WIB
Yudhi Kusdiyanto
17 Desa di Gunungkidul Peroleh Bantuan Pamsimas Rp5,7 miliar Ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemkab Gunungkidul melaksanakan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di 17 desa. Total anggaran yang digunakan dalam pembangunan ini mencapai Rp5,7 miliar.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Agus Subaryanto, mengatakan program pamsimas merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan sejak beberapa tahun lalu. Menurut dia, untuk tahun ini ada 17 desa yang mendapatkan bantuan untuk membangun fasilitas penyediaan air dan sarana sanitasi lingkungan. “Mudah-mudahan program berjalan dengan lancar sehingga keberadaannya bisa membantu masyarakat khususnya mengatasi masalah krisis air bersih” kata Agus kepada wartawan, Selasa (25/2/2020).

Advertisement

Ia menjelaskan untuk pembangunan dialokasikan anggaran Rp5,7 miliar. Adapun alokasi di masing-masing desa tidak sama karena disesuaikan dengan sumber mata anggaran yang dimiliki. Sebagai contoh yang berasal dari APBD kabupaten dan program pamsimas reguler, sebanyak 11 desa masing-masing mendapatkan alokasi Rp245 juta. Sedangkan enam desa yang mendapatkan bantuan dari dana alokasi khusus (DAK) masing-masing mendapatkan anggaran Rp333 juta hingga Rp761 juta. “Untuk desa yang mendapatkan program pamsimas dari DAK meliputi Giriharjo, Giritirto, Purwodadi, Jatiayu, Karangmojo dan Pengkol,” katanya.

Untuk layanan air bersih Pemkab tidak hanya mengandalkan program pamsimas, tetapi juga memanfaatkan program perluasan jaringan layanan dari PDAM Tirta Handayani. “Mudah-mudahan dengan berbagai program maka layanan 100 persen akses air bersih ke masyarakat bisa diwujudkan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement