Advertisement

Di Kalibawang, Usai Nikah Langsung Dapat 9 Dokumen

Jalu Rahman Dewantara
Rabu, 26 Februari 2020 - 02:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Di Kalibawang, Usai Nikah Langsung Dapat 9 Dokumen Ilustrasi pernikahan - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO - Kantor Urusan Agama (KUA) Kalibawang meluncurkan program Sidanik Duduk Manis yang merupakan akronim dari Integrasi Data Pernikahan Kependudukan Suami dan Isteri.

Program ini, memungkinkan pasangan yang sudah melakukan akad nikah dapat langsung mendapatkan sembilan dokumen, meliputi Kartu Tanda Penduduk (KTP) suami dan isteri yang sudah berubah status, Kartu Keluarga (KK) yang terdiri dari KK keluarga suami, KK keluarga isteri, KK baru suami isteri, buku nikah suami isteri, kartu nikah dan dokumen Pakta Kesalingan pada hari pernikahan.

Advertisement

Program kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kulonprogo itu diluncurkan usai prosesi pernikahan pasangan Hery Kurniawan dengan Novri Susanti di Balai Nikah KUA Kalibawang, Senin (24/2/2020). Keduanya warga Kalibawang. "Program tersebut adalah upaya inovasi dalam memudahkan pelayanan kepada masyarakat," ujar Kepala KUA Kalibawang, Afwan Zuhdi, usai melaunching program Sidanik Duduk Manis, di KUA Kalibawang, Senin.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kulonprogo, Ahmad Fauzi mengatakan program ini sebagai tindaklanjut atas kesepakatan antara Kekenag Kulonprogo dengan Pemkab Kulonprogo tentang integrasi data kependudukan.

Mulai awal tahun ini, Kemenag Kulonprogo telah mengintegrasikan data pernikahan dalam Sistem Informasi Managemen Nikah (SIMKAH) yang dikelola KUA, dengan Sistem Informasi Kependudukan (SIAK) milik Disdukcapil.

Kepala Disdukcapil Kulonprogo Aspiyah, berharap dengan adanya program ini dapat mempercepat pengurusan data kependudukan di Kulonprogo. Seluruh KUA ditargetkan bisa segera melaksanakan program tersebut mulai tahun ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Amerika Serikat Bungkam Soal Rencana Balasan Israel ke Iran

News
| Selasa, 16 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement