Advertisement

Rest Area Bedoyo Dilengkapi Patung Jenderal Sudirman

David Kurniawan
Kamis, 05 Maret 2020 - 23:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Rest Area Bedoyo Dilengkapi Patung Jenderal Sudirman JIBI - patung Jenderal Sudirman

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Patung Jenderal Sudirman setinggi 3,3 meter akan didirikan di kawasan rest area Desa Bedoyo, Kecamatan Ponjong. Selain sebagai penanda area perjuangan sang jenderal, patung tersebut diharapkan bisa menjadi ikon di sisi timur Bumi Handayani.

Komandan Kodim 0730/Gunungkidul, Letkol Inf. Noppy Laksana Armyanto, mengatakan jajarannya sudah berkoordinasi dengan Pemkab untuk memasang patung Jenderal Sudirman di kawasan rest area Bedoyo. “Survei lokasi kami lakukan bersama dengan tim dari Pemkab,” kata Noppy kepada wartawan, Kamis (5/3/2020).

Advertisement

Patung setinggi 3,3 meter ini merupakan hibah dari Mabes TNI. Hibah diberikan karena di Mabes sudah terpasang patung Jenderal Sudirman yang lebih tinggi, yakni sekitar enam meter. Karena itu, patung yang lama kemudian dihibahkan ke Gunungkidul untuk dipasang di lokasi yang telah ditentukan. “Bantuan juga tidak lepas dari peran Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Joni Supriyanto, perwita tinggi kelahiran Playen, Gunungkidul,” katanya.

Meski demikian, Noppy menegaskan pemilihan Gunungkidul bukan tanpa alasan. Dalam catatan sejarah, Gunungkidul menjadi salah satu rute gerilya Jenderal Sudirman saat melawan penjajah mulai akhir 1948 sampai 10 Juli 1949. Perlawanan ini ditetapkan sebagai sarana pengembangan esprit de corps bagi TNI, sehingga pada saat akan lulus dari akademi militer harus menjalani napak tilas rute yang dilalui Jenderal Soedirman. “Setiap tahun pasti ada napak tilas rute gerilya Jenderal Sudirman dan lokasi yang wajib dilalui adalah wilayah Gunungkidul,” katanya.

Noppy menyatakan patung segera dipasang. Ia menyakini patung tersebut bakal menjadi salah satu ikon khususnya di wilayah Gunungkidul sisi timur. “Lokasinya strategis karena tepat berada di pinggir jalur utama,” katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Eddy Praptono, membenarkan rencana pemasangan patung Jenderal Sudirman di kawasan rest area Desa Bedoyo. “Kami membantu pemasangan hingga penataan area taman di sekitaran patung,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 12 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rudal Israel Dilaporkan Hantam Iran, Irak dan Suriah

News
| Jum'at, 19 April 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement