Advertisement

Hilang 3 Hari, Nenek asal Pundong Ditemukan di Hutan Girijati

Ujang Hasanudin
Sabtu, 07 Maret 2020 - 12:07 WIB
Arief Junianto
Hilang 3 Hari, Nenek asal Pundong Ditemukan di Hutan Girijati Sumijem (tengah), warga Dusun Poyahan, Desa Seloharjo, Pundong, yang hilang selama tiga tampak linglung setelah baru saja ditemukan di tengah hutan Dusun Girijati, Purwosari, Gunungkidul, Sabtu (7/3/2020), - Istimewa/SAR DIY Wilayah Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Setelah menghilang sekitar tiga hari sejak Kamis (5/3/2020), Sumijem, 70, nenek asal Dusun Poyahan, Desa Seloharjo, Pundong, akhirnya ditemukan dalam kondisi selamat.

Korban ditemukan Sabtu (7/3/2020) pagi, sekitar pukul 09.10 WIB di hutan yang ada di Dusun Girijati, Purwosari, Gunungkidul. Lokasi ditemukannya korban berjarak sekitar tiga kilometer dari rumah korban. “Saat ini posisi korban sudah dibawa ke puskesmas untuk pengecekan kesehatan lebih lanjut,” kata Kepala Seksi Operasional Search and Rescue (SAR) Wilayah Bantul, Bondan Supriyanto, Sabtu.

Advertisement

Bondan mengatakan saat ditemukan oleh tim sekitar hutan, korban dalam kondisi lemas, linglung dan kebingungan serta tidak mampu lagi berjalan. Kemungkinan besar, saat hilang selama tiga hari, korban tidak mendapat asupan makanan.

Dia menjelaskan operasi pencarian Sumijem dilakukan sejak Jumat (6/3/2020). Dalam pencarian hari kedua, yakni Sabtu, pihaknya membagi tim pencari yang berjumlah sekitar 50 personel menjadi tiga search and rescue unit (SRU/unit pencar) yang bertugas melakukan pencarian penyintas melalui operasi penyisiran jalur darat.

Ketiga SRU itu disebar di dua titik yang berbeda, yakni dua SRU di Hutan Kelar dan satu SRU di hutan yang berada di barat Gua Jepang I. “Jalur pencarian cukup sulit. Banyak medan terjal dan curam,” kata dia.

Dengan ditemukannya korban maka operasi pencarian korban hilang wilayah Seloharjo Pundong ditutup. Tim pencarian melibatkan berbagai unsur dari TNI-Polri, Basarnas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, SAR DIY, SAR MTA, PMI, SAR Semesta, Pitoe Rescue, Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Selharjo, IOF Rescue, Karangtaruna Seloharjo, dan masyarakat setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement